Masjid Al-Barkah

Fiqih Do'a dan Dzikir

Doa Keluar Rumah Agar Tidak Tersesat

By  |  pukul 2:45 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 5:50 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=53258

Doa Keluar Rumah Agar Tidak Tersesat merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 11 Safar 1445 H / 28 Agustus 2023 M.

Lihat sebelumnya: Doa Keluar Rumah

Kajian Tentang Doa Keluar Rumah Agar Tidak Tersesat

Selain doa keluar rumah yang telah dibahas sebelumnya, ternyata ada juga doa lain yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Doa ini tidak pernah ditinggalkan oleh beliau setiap kali beliau keluar rumah. Namun, sayangnya, banyak di antara kita mungkin belum tahu dan hafal doa ini. Doa tersebut berbunyi:

اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Dalil Landasan

Ummu Salamah Radhiyallahu ‘Anha menuturkan:

مَا خَرَجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ بَيْتِي قَطُّ إِلَّا رَفَعَ طَرْفَهُ إِلَى السَّمَاءِ فَقَالَ: «اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ»

“Setiap kali Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam keluar rumah, pasti beliau selalu mengangkat pandangannya ke langit seraya berdoa, “Allohumma a’udzubika an adhilla au udholla, au azilla au uzalla, au adzlima au udzlama, au ajhala au yujhala ‘alayya (Ya Allah aku memohon perlindungan kepadaMu agar (1) Tidak tersesat atau disesatkan orang lain, (2) Agar tidak tergelincir atau digelincirkan orang lain, (3) Agar tidak berbuat zalim atau dizalimi orang lain, serta (4) Agar tidak berbuat bodoh atau dibodohi orang lain)”. (HR. Abu Dawud dan dinilai hasan oleh Ibn Hajar al-‘Asqalaniy Rahimahullahu Ta’ala)

Baca Juga:
Beriman kepada Allah adalah Amalan Yang Paling Utama

Perlu dicermati bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam saat membaca doa ini mengangkat pandangannya ke langit. Mengapa beliau melakukan ini? Hal ini karena Allah berada di atas. Tepatnya di atas Arsy. Tidak seperti yang dipahami oleh sebagian orang bahwa Allah itu ada di mana-mana.

Sebagian ulama juga menerangkan bahwa kita memandang ke atas untuk menghadirkan perasaan bahwa kita sedang diawasi oleh yang ada di atas, yaitu Allah. Maka ketika keluar rumah, kita sadar bahwa selalu diawasi. Ini mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati, karena pengawasan Allah lebih hebat dari pengawasan kamera pengintai atau CCTV.

Renungan kandungan

Kenapa kita baca doa ini? Karena setiap kali keluar rumah, mau tidak mau, kita akan berinteraksi dengan orang lain. Kita akan berkomunikasi, bertemu, ngobrol, bersinggungan, naik mobil bersama, berbelanja bersama, semua itu adalah bentuk interaksi. Entah dengan yang kita kenal atau tidak. Bisa jadi mereka baik, atau bisa juga tidak.

Ketika berhadapan dengan orang lain di luar sana, sangat mungkin kita terjerumus kepada hal-hal negatif. Supaya kita tidak terjatuh pada hal-hal negatif itu, maka kita membutuhkan perlindungan. Perlindungan yang paling hebat adalah dari Allah. Oleh karena itu, kita membaca doa ini: “Ya Allah aku mohon perlindungan kepadaMu.”

Yang dimaksud “keburukan” di sini adalah bisa kita sebagai pelaku atau menjadi korban dari perbuatan buruk orang lain. Kita tidak ingin menjadi pelaku atau korban, oleh karena itu kita membaca doa ini.

Baca Juga:
Kajian Pra Nikah: Pelajari Fikih Nikah Sebelum Membina Rumah Tangga

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Doa Keluar Rumah Agar Tidak Tersesat” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.