Masjid Al-Barkah

Al-Bayan Min Qashashil Qur'an

Faedah Mempelajari Kisah Para Nabi dan Rasul

By  |  pukul 8:01 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 06 November 2023 pukul 8:03 am

Tautan: https://rodja.id/57s

Faedah Mempelajari Kisah Para Nabi dan Rasul adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Bayan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 15 Rabi’ul Akhir 1445 H / 30 Oktober 2023 M.

Kajian sebelumnya: Tujuan Dakwah Nabi dan Rasul Sangat Jelas

Kajian Tentang Faedah Mempelajari Kisah Para Nabi dan Rasul

Mendengarkan, membaca dan mempelajari kisah para nabi dan rasul bisa menambahkan keimanan. Dan kita semua ingin memiliki iman yang bertambah. Salah satu cara untuk menambahkan iman adalah dengan mempelajari kisah para nabi dan rasul.

Iman kepada para nabi dan rasul merupakan salah satu rukun iman. Rasul kita, Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda dalam hadits yang shahih, ketika beliau ditanya tentang iman, beliau menjawab:

أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ, وَمَلاَئِكَتِهِ, وَكُتُبِهِ, وَرُسُلِهِ, وَالْيَوْمِ الآخِرِ, وَ تُؤْمِنَ بِالْقَدْرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ.

“Iman adalah engkau beriman kepada Allah, para malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, dan beriman kepada hari akhir, serta beriman kepada takdir yang baik dan buruk.” (HR. Muslim)

Lihat: Hadits Arbain Ke 2 – Pengertian Islam, Iman dan Ihsan

Di antara hal yang bisa menambahkan keimanan adalah mendengar kisah para Nabi dan Rasul. Selain itu, mendengar kisah mereka bisa mendatangkan cinta kepada mereka. Rasul kita, Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bersabda dalam hadits yang shahih, riwayat Bukhari Muslim:

Baca Juga:
Pertemuan Salman dengan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

 ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ بِهِنَّ حَلَاوَةَ الْإِيمَانِ مَنْ كَانَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لَا يُحِبُّهُ إِلَّا لِلَّهِ وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِي الْكُفْرِ بَعْدَ أَنْ أَنْقَذَهُ اللَّهُ مِنْهُ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِي النَّارِ.

“Ada tiga perangai yang barangsiapa tiga perangai ini ada pada seseorang maka ia akan mendapatkan manisnya iman; yaitu siapa yang Allah dan RasulNya lebih ia cintai dari semua selain Allah dan RasulNya, dan tidaklah ia mencintai manusia kecuali karena Allah, dan ia membenci untuk kembali kepada kekafiran setelah Allah selamatkan ia darinya sebagaimana ia benci untuk dilemparkan kedalam api neraka.” (HR. Muslim)

Lihat: Cara Mendapatkan Manisnya Iman

Ada seorang laki-laki mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Orang itu bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan seseorang yang mencintai suatu kaum tetapi tidak bersama dengan mereka?” Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab,:

المَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ

“Seseorang bersama dengan orang yang dia cintai.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Apa lagi Faedah Mempelajari Kisah Para Nabi dan Rasul? Simak dan download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Faedah Mempelajari Kisah Para Nabi dan Rasul” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Rangkaian Ibadah Haji Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam - Faidah Sirah Nabawiyah (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.