Masjid Al-Barkah

Fiqih Do'a dan Dzikir

Memohon Kebaikan Ketika Masuk Rumah

By  |  pukul 9:05 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 10 November 2023 pukul 5:07 am

Tautan: https://rodja.id/57y

Memohon Kebaikan Ketika Masuk Rumah merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 22 Rabi’ul Akhir 1445 H / 6  November 2023 M.

Lihat sebelumnya: Mengucapkan Salam Saat Masuk Rumah

Kajian Tentang Memohon Kebaikan Ketika Masuk Rumah

Di antara doa masuk rumah yang dibaca adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu kebaikan masukku ini dan kebaikan keluarku ini. Dengan menyebut nama Allah (aku memohon pertolonganMu Ya Allah) kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar, kami bertawakal kepada Allah.”

Landasannya adalah sebuah hadits yang sebuah hadits yang berbunyi:

إِذَا وَلَجَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَلْيَقُلْ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا ثُمَّ لِيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

“Apabila salah seorang dari kalian masuk rumah, hendaklah dia membaca: allāhumma innī as`aluka khairal maulaji wa khairal makhraji bismillahi walajnā wa bismillahi kharajnā wa ‘alaallahī rabbina tawakkalnā (Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu kebaikan masukku ini dan kebaikan keluarku ini. Dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar, kami bertawakal kepada Allah) kemudian setelah itu hendaklah dia mengucapkan salam kepada keluarga yang ada di rumah itu.” (HR. Abu Dawud)

Baca Juga:
Kisah Seorang Wanita Penghuni Surga

Hadits ini masih ada perbedaan pendapat di antara para ulama mengenai keabsahannya. Ada sebagian ulama, seperti Imam Ibnu Muflih dan juga Syaikh bin Baz, mengatakan hadits ini Hasan. Kalau haditsnya Hasan, berarti bisa dipakai. Ada sebagian ulama yang lain, yaitu Imam Al-Munawi dan juga Syaikh Al-Albani, mengatakan haditsnya dha’if.

Bagi yang meyakini haditsnya Hasan, silakan dipakai. Adapun yang meyakini haditsnya dha’if, maka tidak dipakai pun tidak mengapa. Toh, dia sudah punya “bismillah” sama “Assalamualaikum” sebagaimana yang kita bahas pada kajian sebelumnya.

Kalau ada hadits yang masih diperselisihkan para ulama (ada yang mengatakan kuat, ada yang mengatakan dha’if), maka sikap yang bijaksana adalah saling menghargai.

Di dalam hadits ini, kita diajarkan untuk meminta kebaikan dalam setiap aktivitas. Di dalam hadits ini, aktivitas yang disebutkan adalah masuk dan keluar. Saat masuk rumah, kita minta kepada Allah kebaikan. Dan saat keluar rumah juga minta kebaikan.

Ketika masuk rumah, kita minta kebaikan kepada Allah. Supaya ketika masuk rumah, yang kita dapatkan di dalam rumah adalah kebaikan. Yaitu mendapatkan ketenangan, kedamaian, ketentraman, dan kerukunan.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Memohon Kebaikan Ketika Masuk Rumah” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Cara Beragama yang Benar dengan Mengikuti Pemahaman Para Sahabat Radhiyallahu 'Anhum - Bandung 1438 / 2017 (Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat)

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.