Masjid Al-Barkah

Fiqih Do'a dan Dzikir

Doa Masuk Toilet

By  |  pukul 3:05 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 22 November 2023 pukul 3:06 pm

Tautan: https://rodja.id/58g

Doa Masuk Toilet ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 7 Jumadil Awal 1445 H / 20 November 2023 M.

Kajian Tentang Doa Masuk Toilet

Kenapa sampai masuk toilet saja diatur di dalam agama kita? Karena ajaran Islam adalah ajaran yang sempurna. Berhubung Islam itu ajaran yang sempurna, maka semua hal ada aturannya di dalam Islam, bahkan sampai hal-hal yang dianggap remeh, yaitu buang hajat.

Buang hajat adalah sesuatu yang dianggap remeh, padahal ini bukan hal yang remeh. Buktinya, kalau seseorang tidak bisa buang air besar atau kecil, maka seseorang akan sangat repot.

Makanya di dalam agama kita, sampai hal yang kelihatannya remeh (menurut pandangan banyak orang) pun diatur, karena sejatinya ini bukan hal remeh. Bisa buang air adalah karunia dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kalau seandainya kotoran itu tidak bisa dikeluarkan, maka akibatnya tubuh kita akan terkena racun.

Maka setiap muslim dan muslimah harus PD (percaya diri). Kita senang dan bahagia karena beragama Islam. Anehnya, ada sebagian orang Islam yang tidak PD dengan keislamannya. Dia malu kelihatan identitas keislamannya. Padahal malu itu kalau kita punya aib dan cela. Adapun karena ajaran Islam itu ajaran yang paling sempurna, maka kita jangan malu. Kita harus bersyukur kepada Allah ‘Azza wa Jalla, bahagia dan senang.

Lafadz Doa Masuk Toilet

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Dalil landasannya adalah hadits:

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِيْ آدَمَ إِذَا وَضَعَ أَحَدُهُمْ ثَوْبَهُ أَنْ يَقُوْلَ: بِسْمِ اللَّهِ.

“Penutup yang akan menghalangi pandangan Jin dari auratnya Bani Adam adalah bacaan bismillah ketika dia masuk ke WC.” (HR. Ibnu Majah, dinilai Shahih Lighairihi oleh Syaikh Al-Albani)

Adapun dalil dari “اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ” adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dan dituturkan oleh seorang sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang bernama Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu. Beliau berkat:

كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ قَالَ ‏ “‏ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ ‏”‏‏.‏

“Dahulu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila masuk ke tempat buang hajat, maka beliau membaca doa: ‘Allahumma inni a`udhu bika min al-khubuthi wal khaba’ith (Ya Allah, esungguhnya aku mohon perlindungan kepadaMu dari setan-setan laki-laki dan setan-setan perempuan.)'” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketika masuk kamar mandi (WC), kita minta perlindungan kepada Allah dari godaan dua makhluk ini, setan laki-laki maupun setan perempuan.

Hadits ini menjelaskan bahwa kamar mandi atau WC adalah tempat yang disukai sama setan. Buktinya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam sebuah hadits, beliau bersabda:

إنَّ هذه الحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ

“Sesungguhnya tempat buang hajat ini dihadiri setan.” (HR. Imam Al-Laitsi dan hadits ini dinyatakan Shahih oleh Imam Ibnu Khuzaimah, Imam Ibnu Hibban, Imam Al-Hakim dan Syaikh Al-Albani)

Jadi, salah satu tempat favoritnya setan adalah WC dan kamar mandi. Makanya kalau masuk kamar mandi itu seperlunya saja, jangan lama-lama.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Doa Masuk Toilet” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.