Masjid Al-Barkah

Al-Bayan Min Qashashil Qur'an

Permusuhan Iblis Terhadap Nabi Adam ‘Alaihis Salam

By  |  pukul 2:25 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 12 Desember 2023 pukul 2:36 pm

Tautan: https://rodja.id/598

Permusuhan Iblis Terhadap Nabi Adam ‘Alaihis Salam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Bayan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 28 Jumadal Ula 1445 H / 11 Desember 2023 M.

Kajian sebelumnya: Lari Menuju Allah dengan Bertaubat

Kajian Tentang Pelajaran-Pelajaran dari Kisah Nabi Adam ‘Alaihis Salam

Pelajaran-pelajaran yang bisa diambil dari permusuhan iblis terhadap Nabi Adam ‘Alaihis Salam berikut anak cucunya keturunannya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kemuliaan kepada Nabi Adam dengan menciptakan Nabi Adam langsung dengan dua tanganNya. Kemudian, Allah Subhanahu wa Ta’ala langsung meniupkan ruh kepada Nabi Adam, mengajarkan nama segala sesuatu, yang dengannya Allah angkat derajat Nabi Adam di atas malaikat dan iblis. Walaupun malaikat diciptakan oleh Allah dengan cahaya, dimana cahaya lebih mulia daripada tanah. Dari sini, kita mengetahui bahwa dengan ilmu itu Allah angkat hambaNya. Maka kita penting untuk belajar ilmu agama.

 ‏‏يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadilah[58]: 11)

Tidak peduli dari mana asalnya atau dari mana sumbernya atau dari materi apa diciptakan. Namun, ketika Allah memberikan ilmu, maka Allah angkat derajat orang tersebut.

Baca Juga:
Berdo'a Dengan Nama-Nama Allah yang Paling Agung

Allah juga memberikan karunia kepada Nabi Adam dengan memerintahkan malaikat dan iblis untuk sujud. Mereka semua sujud, kecuali iblis karena sombong.

Jika engkau perhatikan tentang kisah permusuhan iblis terhadap Adam dan keturunannya, engkau tahu bahwa hasad dan kesombongan adalah dua sebab kebinasaan iblis. Keduanya (sombong dan hasad) merupakan penyakit yang mengerikan. Apabila penyakit ini menjangkiti seseorang, maka dia masuk ke dalam perangkap setan, dan dia akan binasa.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan keterangan kepada kita tentang definisi kesombongan. Ini adalah agar kita berhati-hati dari sifat sombong. Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda dalam sebuah hadits yang dikeluarkan oleh Imam Muslim:

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

“Tidak akan masuk surga, orang yang ada di dalam hatinya terdapat seberat biji dzarrah dari kesombongan.” Seorang laki-laki bertanya: “Sesungguhnya ada seseorang menyukai pakaian dan sandal yang bagus (apakah ini termasuk kesombongan)?” Beliau menjawab: “Sesungguhnya Allah itu indah menyukai yang keindahan, kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia.” (HR. Muslim)

Di dalam hadits ini Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mewanti-wanti umatnya, bahwa sombong itu sangat berbahaya. Kesombongan, kalau ada dalam hati seseorang, walaupun seberat biji dzarah (sesuatu yang sangat kecil) maka dia tidak akan masuk.

Baca Juga:
Bahayanya Bergaul dengan Ahli Bid'ah - Poin 91-98 - Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Dari hadits ini juga kita mengetahui bahwa kalau ada kebenaran ditolak, itu dasarnya adalah karena kesombongan. Dan inilah yang dilakukan oleh iblis. Iblis menolak perintah Allah, padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak memerintah kecuali kebenaran. Tapi iblis menolak dan juga merendahkan manusia. Ini semua karena kesombongan. Iblis merendahkan Nabi Adam dengan berkata:

 اَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْهُۚ

“Aku lebih baik dari dia.” (QS. Al-A’raf[7]: 12)

Ada beberapa contoh orang sombong yang Allah binasakan. Bagaimana kisah lengkapnya? Simak dan download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Permusuhan Iblis Terhadap Nabi Adam” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.