Masjid Al-Barkah

Al-Bayan Min Qashashil Qur'an

Cara Iblis Menggangu Manusia

By  |  pukul 7:00 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 20 Desember 2023 pukul 7:06 am

Tautan: https://rodja.id/59g

Cara Iblis Menggangu Manusia adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Bayan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 5 Jumadal Akhir 1445 H / 18 Desember 2023 M.

Kajian sebelumnya: Permusuhan Iblis Terhadap Nabi Adam ‘Alaihis Salam

Kajian Tentang Cara Iblis Menggangu Manusia

Dalam Surah Al-Kahfi ayat 50, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ ۚ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا

“Apakah kalian menjadikan iblis dan keturunannya itu pemimin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuh yang nyata bagi kalian? Sangat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang dzalim.” (QS. Al-Kahfi[18]: 50)

Allah Subhanahu wa Ta’ala menegaskan bahwa iblis dan keturunannya tidak boleh dijadikan pemimpin atau teman selain Allah, karena iblis adalah musuh yang nyata. Iblis tidak memiliki belas kasihan terhadap manusia, dan iblis memimpin perang melawan anak cucu Adam. Perang ini terjadi dalam berbagai bentuk, baik fisik maupun pemikiran, antara dua kelompok besar, yaitu satu kelompok yang masuk surga dan kelompok yang masuk neraka.

Allah Ta’ala berfirman:

 قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ ‎﴿١٦﴾‏ ثُمَّ لَآتِيَنَّهُم مِّن بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَن شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ ‎﴿١٧﴾

“Iblis menjawab: ‘Dengan sebab Engkau telah hukumi aku sesat, aku benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur.'” (QS. Al-A’raf[7]: 16)

Baca Juga:
Luasnya Ilmu Allah

Dari semua penjuru, iblis menggoda manusia. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

قال إبليس: وعزتك لا أبرح أغوي عبادك ما دامت أرواحهم في أجسادهم. فقال: وعزتي وجلالي لا أزال أغفر لهم ما استغفروني.

“Bahwa iblis bersumpah: ‘Demi keagunganMu, aku akan terus senantiasa menyesatkan hamba-hambaMu selama roh berada di jasad mereka.’ Allah Ta’ala menjawab: ‘Demi kemuliaanKu dan ketinggianKu, Aku akan terus mengampuni mereka selama mereka meminta ampun kepadaKu.'” (HR. Ahmad)

Jadi kalau ada di antara kita terjerumus mengikuti langkah setan, segera beristighfar dan bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah berjanji untuk mengampuninya.

Ada sembilan cara iblis mengganggu manusia. Bagaimana kisah lengkapnya? Simak dan download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Cara Iblis Menggangu Manusia” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.