Masjid Al-Barkah

Al-Bayan Min Qashashil Qur'an

Setan Menggangu Makanan dan Minuman Manusia

By  |  pukul 8:43 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 15 Januari 2024 pukul 9:19 pm

Tautan: https://rodja.id/59z

Setan Menggangu Makanan dan Minuman Manusia adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Bayan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 26 Jumadal Akhir 1445 H / 08 Januari 2024 M.

Kajian sebelumnya: Cara Iblis Menggangu Manusia

Kajian Tentang Setan Menggangu Makanan dan Minuman Manusia

Dalam pertemuan yang lalu, ada empat hal yang sudah saya sampaikan dari kitab ini. Yaitu:

  1. Gangguan setan terhadap manusia dari sisi aqidahnya. Ini adalah agar manusia menjadi kufur, ingkar, kafir, dan musyrik.
  2. Jika tidak kafir dan tidak menjadi musyrik, gangguannya beralih ke ibadahnya. Ibadahnya diganggu, sehingga tidak tenang.
  3. Mengganggu Manhaj. Iblis berusaha memalingkan manusia dari Manhaj yang lurus. Maka, jangan heran, jika Manhaj Salaf ini diperangi oleh setan dan keturunannya beserta bala tentaranya. Setan dari kalangan jin dan manusia menyerang Manhaj yang haq ini, terus mencela Manhaj ini dengan julukan-julukan yang membuat orang lari.
  4. Setan dan bala tentaranya mengganggu manusia dari sisi badan atau jasmaninya.

Inilah yang dikabarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Kita harus yakin seyakin-yakinnya bahwa apa yang keluar dari lisan Rasul, jika shahih, maka itu kebenaran.

Oleh karena itu, ketika kita menguap, setan ingin masuk. Jika kita menguap, jangan membuka mulut, melainkan tutup. Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata:

Baca Juga:
Khiyar dengan Pemberitahuan Harga - Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

إِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَضَعْ يَدَهُ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ مَعَ التَّثَاؤُبِ

“Apabila salah satu di antara kalian menguap, maka hendaklah menaruh tangannya di mulutnya karena setan akan masuk bersama uapannya.” (HR. Ahmad)

Setan juga mencoba untuk mengganggu tubuh manusia dengan kesurupan. Seperti kisah yang telah kita baca tentang Utsman bin Abi Al-Ash yang dimasuki oleh setan. Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan setan itu keluar dari tubuhnya, beliau bersabda:

اخْرُجْ عَدُوَّ اللَّهِ

“Keluarlah, wahai musuh Allah!”

5. Menggangu makanan dan minuman manusia

Setan ingin makan dan minum bersama manusia, jika manusia tidak menyebut nama Allah sebelum makan. Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَحْضُرُ أَحَدَكُمْ عِنْدَ كُلِّ شَيْءٍ مِنْ شَأْنِهِ حَتَّى يَحْضُرَهُ عِنْدَ طَعَامِهِ فَإِذَا سَقَطَتْ مِنْ أَحَدِكُمْ اللُّقْمَةُ فَلْيُمِطْ مَا كَانَ بِهَا مِنْ أَذًى ثُمَّ لِيَأْكُلْهَا وَلَا يَدَعْهَا لِلشَّيْطَانِ فَإِذَا فَرَغَ فَلْيَلْعَقْ أَصَابِعَهُ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي فِي أَيِّ طَعَامِهِ تَكُونُ الْبَرَكَةُ

“Sesungguhnya setan hadir pada salah seorang di antara kalian dalam segala urusannya, termasuk ketika dia makan. Apabila jatuh satu suapan makanan salah seorang di antara kalian, ambillah lalu buang kotorannya dan makan bagian yang bersih. Jangan dibiarkan untuk setan, apabila telah selesai hendaklah dia jilati jari-jemarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa keberkahan.” (HR. Muslim)

Baca Juga:
Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1428-1431 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga bersabda:

 إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

“Apabila seseorang menyebut nama Allah ketika hendak masuk rumahnya dan ketika hendak makan, maka setan berkata: ‘Kalian (bangsa setan) tidak bisa menginap dan tidak bisa makan!’ Jika seseorang tidak menyebut nama Allah ketika hendak masuk rumahnya, maka setan berkata: ‘Kalian bisa masuk dan bisa menginap.’ Jika seseorang tidak menyebut nama Allah sewaktu hendak makan, maka setan berkata: ‘Kalian bisa menginap dan makan malam.'” (HR. Muslim)

Jadi harus kita ingat bahwa masuk rumah baca “Bismillah”, mengucapkan salam untuk penghuni rumah. Kita doakan istri, anak, dan keluarga. Hal ini agar setan tidak ikut menginap.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Setan Menggangu Makanan dan Minuman Manusia” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Baca Juga:
Tujuan Hidup Seorang Muslim Adalah Surga

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.