Masjid Al-Barkah

Talbis Iblis

Penyimpangan Kaum Sufi dalam Menafsirkan Al-Qur’an

By  |  pukul 1:50 pm

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 17 Februari 2024 pukul 1:55 pm

Tautan: https://rodja.id/5b1

Penyimpangan Kaum Sufi dalam Menafsirkan Al-Qur’an ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 2 sya’ban 1445 H / 12 Februari 2024 M.

Kajian tentang Penyimpangan Kaum Sufi dalam Menafsirkan Al-Qur’an

Kita sampai pada pembahasan penyimpangan kaum Sufi di dalam menafsirkan Al-Qur’an. Di antaranya mereka menafsirkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala, فَلِلَّهِ الْمَكْرُ جَمِيعًا (Tetapi semua tipu daya itu dalam kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta’ala) dengan penafsiran, “Tidak ada tipu daya yang lebih jelas melebihi tipu daya Allah terhadap hamba-hambaNya. Karena Allah menjadikan mereka merasa memiliki jalan untuk menuju kepadaNya.” Artinya, mereka menganggap orang-orang kafir itu terkena tipu daya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena mereka merasa berada di jalan yang benar tapi ternyata tidak. Mereka merasa berada di atas hidayah tapi ternyata tidak.

Tentunya ini tidak berkaitan dengan tipu daya, tapi itu berkaitan dengan kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ibnul Jauzi mengatakan pada bantahan beliau terhadap tafsiran dari Al-Husain ini bahwa siapa saja yang merenungi tafsiran Al-Husain tadi, niscaya dia mengetahui bahwa tafsiran itu bisa berkonotasi kufur. Karena dia mengisyaratkan bahwa tafsiran itu adalah suatu penghinaan terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Al-Husain yang dimaksud di sini adalah Al-Hallaj. Sehingga tafsiran itu tentu saja tidak aneh keluar darinya. Karena dia adalah seorang penganut wihdatul wujud.

Baca Juga:
Adab Seorang Muslim Ketika Melepaskan Saudaranya Pergi

Ini salah satu contoh tafsiran-tafsiran yang tanpa dasar dan tanpa ilmu mengacu kepada apa yang mereka jalani atau apa yang mereka yakini.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Penyimpangan Kaum Sufi dalam Menafsirkan Al-Qur’an” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.