Masjid Al-Barkah

Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu

Sujud Sahwi

By  |  pukul 10:33 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 13 Maret 2024 pukul 10:38 am

Tautan: https://rodja.id/5bt

Sujud Sahwi ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Kitab Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 30 Sya’ban 1445 H / 11 Maret 2024 M.

Download kajian sebelumnya: Sujud Syukur

Kajian Tentang Sujud Syukur

Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan di akhir shalat karena lupa. Lupa tersebut menjadikan shalat seseorang menjadi cacat, dan dengan sujud sahwi ini, kecacatan tersebut bisa dihilangkan atau ditutupi.

Sujud sahwi merupakan permasalahan yang sangat penting untuk kita bahas, karena banyaknya permasalahan yang ada di dalamnya. Sampai ada beberapa ulama yang menulis kitab khusus yang membahas tentang sujud sahwi, di antaranya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Rahimahullah, dan ada juga ulama-ulama lain yang menulis kitab khusus tentang sujud sahwi. Hal ini karena banyaknya permasalahan yang ada dalamnya.

Sebagai catatan, kitab yang terkenal yang dikarang oleh Syaikh Muhammad Nasiruddin al-Albani, yaitu “Sifat Shalat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,” tidak membahas tentang sujud sahwi, sehingga yang belajar shalat dari kitab atau buku tersebut masih harus menambah pengetahuannya tentang sujud sahwi dari kitab yang lain, karena tidak dibahas di sana.

Kita sudah sampai pada pembahasan hadits-hadits inti yang menjelaskan tentang sujud sahwi, dan kita kemarin menyebutkan enam hadits yang berkaitan dengan hal tersebut. Pembahasan sekarang tentang apa saja yang menyebabkan sujud sahwi. Disebutkan di sini ada tiga, yaitu: kekurangan, tambahan, dan keraguan. Tiga sebab ini sebab utamanya adalah karena lupa.

Baca Juga:
Tafsir Ali Imran Ayat 38 - Doa Nabi Zakariya

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Sujud Sahwi” penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.