Masjid Al-Barkah

Fiqih Do'a dan Dzikir

Doa Masuk Masjid

By  |  pukul 10:44 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 19 Juni 2024 pukul 10:53 am

Tautan: https://rodja.id/5e6

Doa Masuk Masjid ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 3 Zulhijjah 1445 H / 10 Juni 2024 M.

Kajian Tentang Doa Masuk Masjid

Kali ini kita membahas tempat yang istimewa, yaitu masjid. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan adab sebelum masuk masjid, seperti membaca doa.

Ada beberapa redaksi doa yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Di antara doa yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sebelum masuk masjid adalah,

بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Yang lebih familiar adalah, “اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ” adapun yang awalnya mungkin baru terdengar oleh beberapa dari kita hari ini.

Apa dalil yang melandasi doa tersebut? Dalilnya ada dua:

Pertama, hadits yang dituturkan oleh Putri Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, yaitu Fatimah Radhiyallahu ‘Anha. Beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila masuk masjid, Rasulullah biasa membaca doa, بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ (Dengan menyebut nama Allah, semoga keselamatan terlimpahkan kepada Rasulullah).” (HR. Ahmad dan dinilai Shahih Lighairihi oleh al-Arnaut.)

Kedua, Hadits yang familiar bagi kita adalah hadits yang disampaikan oleh seorang sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang dikenal dengan julukan Abu Usaid Radhiyallahu ‘Anhu. Beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

إذا دخلَ أحدُكُمُ المسجِدَ فليقُلْ اللَّهُمَّ افتَح لي أبوابَ رحمتِكَ

“Seandainya kalian masuk masjid, hendaklah membaca: ‘Allahummaftahli abwaba rahmatik (Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmatMu.)'” (HR. Muslim.)

Jadi, dua hadits di atas kita gabungkan menjadi satu doa,

بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Doa ini diawali dengan basmalah, yaitu ucapan “Bismillah.” Bismillah biasa diterjemahkan dengan “menyebut nama Allah.” Kata para ulama, maksudnya adalah saat kita menyebutkan nama Allah, intinya kita minta pertolongan dari Allah. Maka dari itu, ketika kita akan melakukan macam-macam aktivitas, disunnahkan membaca “Bismillah.”

Bagaimana kandungan doa ini? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Doa Pergi ke Masjid” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.