Telegram Rodja Official

Tematik

Kekeliruan dalam Mendidik Anak (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 11:40 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 18 April 2014 pukul 6:44 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=5800

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Alhamdulillah, pada Rabu pagi, 15 Jumadats Tsani 1435 / 16 April 2014 di Radio Rodja dan RodjaTV terselenggara sebuah kajian tematik rutin bersama Ustadz Ahmad Zainuddin. Dan tema kajian yang beliau hafidzahullah sampaikan kali ini adalah tentang masalah “Kekeliruan dalam Mendidik Anak“. Dan alhamdulillah, kali ini pula, dapat Anda download rekaman kajiannya!

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kekeliruan dalam Mendidik Anak

Pada pengajian kali ini, Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. akan mengangkat suatu tema yang sangat penting yaitu, “Kekeliruan dalam Mendidik Anak“. Tema ini sangat penting dikarenakan beberapa sebab, di antaranya adalah:

1. Anak itu merupakan amanah

Setiap anak merupakan amanah dari Allah atas setiap orang tua, dan yang namnya amanah harus diletakan/ditunaikan pada tempatnya. Rasullullah shallallahu ‘aaihi wa sallam bersabda:

أَدِّ الأَمَانَةَ إِلَى مَنِ ائْتَمَنَكَ

“Tunaikanlah amanah kepada yang berhak.”

Anak merupakan amanah yang ada di atas pundak orang tua. Apa kira-kira amanah yang ada pada anak yang harus ditunaikan oleh orang tua? Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga:
Pengaruh Orang Tua terhadap Pendidikan Anaknya (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ

“Setiap anak itu dilahirkan di atas fitrah.”

Nah fitrah inilah yang merupakan amanah yang harus dijaga oleh setiap orang tua, jangan sampai fitrah anak tersebut berubah. Fitrah yang dimaksud di sini adalah di atas Islam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفاً فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah (Islam). (Tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS Ar-Rum [30]: 30)

“Kapan fitrah anak kita berubah, maka dipastikan pada saat itu kita menjadi orang tua yang tidak amanah.”

2. Anak merupakan nikmat yang akan Allah Ta’ala tanyakan kelak di hari kiamat.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Hakim rahimahullah, Rasullullah shallallahu ‘aaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ أَوْلاَدَكُمْ هِبَةُ اللهِ لَكُمْ

“Sesungguhnya anak kalian merupkanpemberian Allah kepada kalian.”

Dari hadits ini kita ketahui bersama bahwa anak itu merupakan anugerah dan pemberian dari Allah. Dan yang namanya pemberian itu merupakan amanah. Dan setiap amanah akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah kelak di hari kiamat.

Bagaimana kelanjutan pembahasan yang sangat menarik ini?

Baca Juga:
Kisah Surga Paling Terakhir (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Mari simak lebih lanjut, ceramah agama Islam tematik yang disampaikan Ustadz Ahmad Zainuddin dengan mendownloadnya sekarang juga atau dengarkan langsung melalui player.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Kekeliruan dalam Mendidik Anak

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 ÷ 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.