Telegram Rodja Official

Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 881-883 – TPP: Agama Islam itu Mudah dan Khasiat Air Zam-zam (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 10 Rabiul awwal 1437 / 21 Desember 2015 pukul 9:39 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=5882

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Rekaman ceramah agama Islam ini merupakan kelanjutan dari pembahasan kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, yang dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Pada pertemuan sebelumnya, beliau telah menjelaskan tentang hadits ke-871 hingga hadits ke-880. Kemudian pada kesempatan kali ini, beliau akan membahas hadits ke-881 hingga hadits ke-883, yang salah satu pembahasan pentingnya adalah tentang “Agama Islam itu Mudah dan Khasiat Air Zam-zam“. Kajian ini merupakan hasil rekaman yang disiarkan secara live pada Ahad ba’da Maghrib, 20 Jumadats Tsani 1435 / 20 April 2014 di Masjid Al-Barkah, Komplek Radio Rodja, Cileungsi, Bogor, serta disiarkan oleh Radio Rodja dan RodjaTV.

Termasuk Pembahasan Penting (TPP): “Agama Islam itu Mudah dan Khasiat Air Zam-zam”

Program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:
Baca Juga:  Do'a Ketika Sakit - Kitab Al-Adab Al-Mufrad

Ahad malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)



Status program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hadits-hadits Shahih dari Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits ke-881: Agama Islam itu Mudah

[00:01]

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

سئل النبي صلى الله عليه وسلم أي الأديان أحب إلى الله عز وجل؟ قال : الحنيفية السمحة. رواه البخاري

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya: “Agama apa yang paling dicintai oelh Allah ‘Azza wa Jalla?” Maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Agama yang lurus dan agama yang mudah”.” (HR Al-Bukhari)

Baca Juga:  Hukum Mencela Nasab dan Mendiamkan Seseorang - Bab 186-188 - Hadits 395-397 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Hadits ke-881: Perintah dan Larangan dalam Islam

[17:35]

Dari ‘Irbadh bin Sariyyah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

أيحسب أحدكم متكئا على أريكته قد يظن أن الله لم يحرم شيئا إلا ما في هذا القرآن؟ ألا و إني والله قد أمرت و وعظت و نهيت عن أشياء إنها لمثل هذا القرآن أو أكثر و إن الله عز وجل لم يحل لكم أن تدخلوا بيوت أهل الكتاب إلا بإذن و لا ضرب نسائهم و لا أكل ثمارهم، إذا أعطوكم الذي عليهم.

“Apakah salah seorang dari kalian mengira. Ia bersantai-santai di atas dipan-dipannya dan ia menyangka bahwa Allah tidak mengharamkan sesuatu pun kecuali yang ada di dalam Al-Qur’an saja? Ketahuilah sesungguhnya aku, demi Allah telah memberikan perintah, telah memberikan nasehat, dan telah emmberikan larangan dari berbagai macam perkara. Sesungguhnya perintah dan laranganku sama dengan yang ada di dalam Al-Qur’an, atau bahkan lebih dari itu. Dan sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla tidak menghalalkan kalian untuk masuk ke rumah ahli kitab, kecuali denga izin mereka. Tidak pula Allah mengizinkan kalian untuk memukul wanita-wanita mereka, dan tidak mengizinkan pula untuk memakan buah-buahan mereka. Apabila mereka memberikan kepada kalian perjanjian yang telah mereka tepati.” (HR Abu Dawud)

Baca Juga:  Keadaan Dakwah Islam Dimasa Utsman Bin Affan - Faedah Sejarah Islam (Ustadz Dr. Ali Musri, M.A.)

Hadits ke-881: Khasiat Air Zam-zam

[42:37]
Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ماء زمزم لما شرب له

“(Khasiat)Air zam-zam tergantung dengan niat orang yang meminumnya”. (HR Al-Baihaqi)

Mari download ceramah agama ini, yang mengkaji kitab Silsilah Hadits Shahih dan bagikan file MP3 kajiannya kepada saudara-saudara kita.

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits ke-881 hingga ke-883

Silakan bagikan hasil rekaman atau link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.