Telegram Rodja Official

Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah

Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 884-889 – TPP: Perintah untuk Menjauhi Marah, Dosa-dosa Besar, dan Perkara-perkara yang Memabukkan (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 21 Desember 2015 pukul 9:39 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6072

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini rekaman ceramah agama Islam dari pembahasan kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, yang disampaikan pada Ahad ba’da Maghrib, 27 Jumadats Tsani 1435 / 27 April 2014 di Masjid Al-Barkah, Komplek Radio Rodja, Cileungsi, Bogor, serta disiarkan oleh Radio Rodja dan RodjaTV. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Badrusalam, Lc.. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan Hadits 881-883, dengan salah satu bahasan penting mengenai Agama Islam itu Mudah dan juga tentang Khasiat Air Zam-zam. Dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Hadits 884-889, dengan pembahasan penting mengenai “Perintah untuk Menjauhi Marah, Dosa-dosa Besar, dan Perkara-perkara yang Memabukkan.” Semoga bermanfaat.

Termasuk Pembahasan Penting (TPP): “Perintah untuk Menjauhi Marah, Dosa-dosa Besar, dan Perkara-perkara yang Memabukkan”

NB: Mohon maaf, pada kajian kali ini tidak ada sesi tanya-jawab.

[sc:status-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hadits-hadits Shahih dari Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits ke-884: Perintah untuk Menjauhi Marah

[00:36]
Dahulu ada seorang laki-laki yang berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

أخبرني بكلمات أعيش بهن و لا تكثر علي فأنسى. قال : اجتنب الغضب، ثم أعاد عليه، فقال: اجتنب الغضب.

Baca Juga:
Adab Menjenguk Orang Sakit - Kitab Al-Adab Al-Mufrad

“Kabarkan kepadaku dengan kalimat-kalimat yang aku bisa hidup dengannya, tapi jangan banyak-banyak supaya aku tidak lupa. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jauhi marah” Kemudian beliau mengulanginya lagi kepadanya, dan berkata: “Jauhilah marah.”” (HR Ahmad)

Hadits ke-885: Perintah untuk Menjauhi Dosa-dosa Besar

[13:54]
Dari sahabat Jabir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اجتنبوا الكبائر و سددوا و أبشروا

“Jauhi oleh kalian dosa-dosa besar, dan bersikap luruslah, serta bergembiralah (dalam menjalankan ketaatan).” (HR Ahmad)

Hadits ke-886: Perintah untuk Menjauhi Perkara-perkara yang Memabukkan

[20:19]
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إني كنت نهيتكم عن زيارة القبور، فزوروها فإنها تذكركم الآخرة ونهيتكم عن الأوعية، فاشربوا فيها واجتنبوا كل مسكر ونهيتكم عن لحوم الأضاحي أن تحبسوها بعد ثلاث، فاحبسوا ما بدا لكم

“Sungguh dahulu aku melarang kalian untuk berziarah kubur, namun sekarang silakan berziarah kubur. Karena ziarah kubur bisa mengingatkan kalian dari akhirat. dan dulu aku melarang kalian dari bejana-bejana. Namun sekarang minumlah darinya, tapi jauhilah dari apa-apa yang bisa memabukkan. Dan dahulu aku melarang kalian untuk menyimpan daging kurban lebih dari tiga hari. Namun sekarang silakan kalian simpan semau kalian. ” (HR Imam Ahmad, Ibnu Abi Syaibah, dan Ad-Daiylami)

Dan seterusnya….

Mari download ceramah agama ini, dengan pembahasan kitab Silsilah Hadits Shahih dan bagikan file MP3 kajiannya kepada saudara-saudara kita.

Baca Juga:
Bersegera Kepada Perintah Allah dan RasulNya - Kitab Ahsanul Bayan (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits ke-884 hingga ke-889

Silakan bagikan hasil rekaman atau link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

69 − = 63

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.