Telegram Rodja Official

Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah

Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 890-894 – TPP: Perintah untuk Menjaga Lisan dan Kisah Salman Al-Farisi (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini rekaman ceramah agama Islam dari pembahasan kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, yang disampaikan pada Ahad ba’da Maghrib, 12 Rajab 1435 / 11 Mei 2014 di Masjid Al-Barkah, Komplek Radio Rodja, Cileungsi, Bogor, serta disiarkan oleh Radio Rodja dan RodjaTV. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Badrusalam, Lc.. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan Hadits 884-889, dengan salah satu bahasan penting mengenai Perintah untuk Menjauhi Marah, Dosa-dosa Besar, dan Perkara-perkara yang Memabukkan. Dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Hadits 890-894, dengan pembahasan penting mengenai “Perintah untuk Menjaga Lisan dan Kisah Salman Al-Farisi.” Semoga bermanfaat.

Termasuk Pembahasan Penting (TPP): “Perintah untuk Menjaga Lisan dan Kisah Salman Al-Farisi”

Program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:
Baca Juga:
Pengertian As-Sunnah

Ahad malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)



Status program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hadits-hadits Shahih dari Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits ke-890: Perintah untuk Menjaga Lisan

[00:01]
Dalil tentang perintah untuk menjaga lisan, hadits dari sahabat ‘Uqbah bin ‘Amir Al-Juhaniy radhiyallahu ‘anhu, suatu saat beliau bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai Rasulullah, apa keselamatan itu?” Maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

أملك عليك لسانك و ليسعك بيتك و ابك على خطيئتك

“Hendaklah kamu tahan lisannmu, dan hendaklah rumahmu mencukupimu, dan tangisilah dosamu.” (HR At-Tirmidzi)

Hadits ke-891: Perintah Menyambung Silaturahmi dan Memaafkan Orang Lain

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يا عقبة بن عامر! صل من قطعك و أعط من حرمك و اعف عمن ظلمك

“Wahai ‘Uqbah bin ‘Amir, sambunglah orang yang memutuskan tali silaturahmi denganmu, berilah orang yang tidak mau memberi kepadamu, dan maafkanlah orang yang medzhalimimu.”

Hadits ke-892: Larangan Berlisan dan Bermuka Dua

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من كان ذا لسانين جعل الله له يوم القيامة لسانين من نار

Baca Juga:
Pengakuan Adalah Hujjah Yang Pengaruhnya Terbatas - Ushul Fiqih

“Barangsiapa yang memiliki dua lisan, maka Allah akan menjadikannya mempunyai dua lisan dari api neraka kelak di hari kiamat.”

Hadits ke-894: Kisah Salman Al-Farisi

Hadist panjang, yang menceritakan tentang kisah Salman Al-Farisi radhiyallahu ‘anhu dalam mencari jalan keselamatan,

عن عبد الله بن عباس قال حدثني سلمان الفارسي حديثه من فيه قال: كنت رجلا فارسيا من أهل أصبهان من أهل قرية يقال لها (جي) و كان أبي دهقان قريته، و كنت أحب خلق الله إليه، فلم يزل به حبه إياي حتى حبسني في بيته، أي ملازم النار كما تحبس الجارية و أجهدت في المجوسية حتى كنت قطن النار التي يوقدها لا يتركها تخبو ساعة، قال: و كانت لأبي ضيعة عظيمة، قال: فشغل في بنيان له يوما، فقال لي: يا بني إني قد شغلت في بنيان هذا اليوم عن ضيعتي، فاذهب فاطلعها و أمرني فيها ببعض ما يريد، فخرجت أريد ضيعته، فمررت بكنيسة من كنائس النصارى، فسمعت أصواتهم فيها وهم يصلون و كنت لا أدري ما أمر الناس لحبس أبي إياي في بيته، فلما مررت بهم و سمعت أصواتهم دخلت عليهم أنظر ما يصنعون………………..

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Salman Al-Farisi menceritakan kepadaku cerita tentang dirinya dari mulutnya sendiri, katanya: “Aku seorang lelaki berketurunan Persia dari Esfahan, dari sebuah kampung yang disebut Jayy, adapun bapaku adalah ketua kampung dan aku adalah makhluk Allah yang paling dia sayang. Betapa dia mengasihi aku sehingga dia mengurungku di dalam rumah seperti mana dia mengurung seorang hamba, untuk duduk dekat dengan api dan membaktikan diri dalam agama Majusi, sehingga aku menjadi penjaga api yang mana api itu perlu dijaga dan tidak boleh ditinggalkan walau sedetik pun supaya ia tidak terpadam.

Baca Juga:
Sifat-Sifat yang Menunjukan Kesempurnaan Iman - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Kata Salman Al-Farisi lagi: Bapaku ada kebun yang sangat besar. Katanya lagi: Suatu hari bapaku sibuk bekerja di dalam rumah dan dia berkata kepadaku: ‘Wahai anakku, sesungguhnya aku sibuk pada hari ini di rumah, pergilah kamu ke kebun’, dan dia memerintahkan aku melakukan sesuatu yang dikehendakinya di kebun itu, maka aku keluar untuk menunaikan permintaannya. Aku melalui di satu gereja dari gereja-gereja Nasrani, dan aku mendengar suara mereka sedang sembahyang, aku tidak tahu langsung urusan manusia di luar disebabkan bapaku mengurungku di dalam rumah. Ketika aku lalu dan aku mendengar suara mereka maka aku masuk dan aku melihat apa yang mereka lakukan.

Dan seterusnya………

Mari download ceramah agama ini, dengan pembahasan kitab Silsilah Hadits Shahih dan bagikan file MP3 kajiannya kepada saudara-saudara kita.

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits ke-890 hingga ke-894

Silakan bagikan hasil rekaman atau link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.