Telegram Rodja Official

Faedah-faedah Sirah Nabawiyah

Kisah Rehabilitasi Ka’bah – Bagian ke-2, Faedah Rasulullah Menikahi Khadijah, Peletakan Kembali Hajar Aswad, hingga Sejarah Turunnya Al-Qur’an – Bagian ke-1 – Faedah Sirah Nabawiyah (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

By  |  pukul 9:10 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 05 Mei 2017 pukul 4:34 pm

Tautan: http://rodja.id/18s

Ceramah agama sirah nabawiyah dan faedah-faedahnya oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Kita akan melanjutkan kisah yang telah disampaikan sebelumnya, yaitu melanjutkan Kisah Rehabilitasi Ka’bah (Bagian ke-1) yang terjadi di zaman Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, maka tiba pada pembahasan ini pula, selain membahas “Kisah Rehabilitasi Ka’bah (Bagian ke-2)“, juga membahas masing-masingnya tentang “Faedah Rasulullah Menikahi Khadijah, Peletakan Kembali Hajar Aswad, hingga Sejarah Turunnya Al-Qur’an (Bagian ke-1)“. Kisah Nabi Muhammad yang dipaparkan dalam ceramah agama ini adalah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri, M.A. di Radio Rodja dan RodjaTV pada program Faedah Sirah Nabawiyah pada Jumat, 19 Jumadal Ula 1435 / 21 Maret 2014. Mari kita download ceramahnya untuk mengetahui lebih jauh sosok teladan umat ini.

[sc:status-faedah-sirah-nabawiyah-ustadz-ali-musri-semjan-putra-2013]

Ringkasan Ceramah Agama: Faedah Sirah Nabawiyah

Kisah Rehabilitasi Ka’bah di Zaman Rasulullah (Bagian ke-2)

[02:56]
Pembangunan Ka’bah yang telah dijelaskan pada pertemuan lalu, yaitu di masa orang-orang kafir Quraisy, di saat Rasulullah berumur 35 tahun, yang mana sebelumnya Ka’bah ini dalam keadaan sedikit demi sedikit tergerus dengan adanya banjir yang besar yang menyebabkan sisi-sisi Ka’bah hampir runtuh. Maka akhirnya, orang kafir Quraisy bersepakat untuk membangun (merehabilitasi) Ka’bah ini.

Baca Juga:
Perang Tabuk - Bagian ke-1 - Faidah Sirah Nabawiyah (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

Di antara bentuk kefitrahan hati orang kafir Quraisy, bahwa hanyalah sesuatu yang halal yang bisa diberikan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan sesuatu yang haram tidak mungkin diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka akhirnya mereka bersepakat untuk membangun Ka’bah dari harta-harta yang halal saja, sehingga tersisa yang sekarang disebut Hijr Isma’il, itu sebetulnya bagian dari Ka’bah, yang putih melingkar seperti huruf ‘U’ itu sebetulnya adalah bagian dari Ka’bah tetapi karena harta yang halal dimiliki oleh orang Quraisy tidak mencukupi untuk meninggikan bangunan yang tersisa tersebut, akhirnya tersisalah bangunan tersebuh hingga di masa ‘Abdullah bin Zubair radhiyallahu ‘anhuma.

Dst.

Faedah dari Kisah Rasulullah Menikahi Khadijah

[12:01]
Kemudian, kita ingin melihat faedah-faedah yang mungkin kita tilik tentang mengapa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahi Khadijah, yang usianya jauh berbeda. Tentu kita sebagai seorang perjaka akan bertanya, “Kok seleranya tidak ingin seorang gadis?”

Tetapi dalam biografi, Khadijah itu adalah seorang wanita yang cantik, walaupun berumur 40 tahun tetapi tidak kalah mungkin remaja sekarang yang mungkin berumur 24 tahun, Di samping itu, beliau juga sebagai wanita yang kaya raya, kemudian berakhlak mulia, dan terjaga kehormatannya.

Dst.

Kisah Peletakan Kembali Hajar Aswad

[18:31]
Kemudian, ada beberapa faedah yang lain tentang keutamaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika dijadikan pemutus keputusan saat beliau diminta oleh orang kafir Quraisy, yakni saat pembangunan / perehabilitasian Ka’bah itu untuk memindahkan Hajar Aswad. Di antaranya adalah (sikap) menerimanya orang Quraisy atas keputusan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika meletakkan hajar aswad di Ka’bah itu dan mereka menyebut beliau shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai orang yang Amiin (الامين–orang yang terpercaya). Ini menunjukkan bahwa akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah terkenal sejak kecil beliau sebagai orang yang baik dan memiliki akhlak begitu mulia. Ini menjadi pertanyaan, kalau akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam begitu mulia, lalu apa yang membuat mereka, orang kafir Quraisy, tidak mau beriman ketika diajak untuk mengikuti wahyu yang diberikan Allah kepada beliau?

Baca Juga:
Hakikat Cinta Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam - Kitab Tajridut Tauhid Al-Mufid (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Dst.

Kisah Nabi Muhammad sebelum Diangkat menjadi Nabi

[25:01]
Kondisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari masa remajanya, beliau terjaga dari berbagai hal-hal yang buruk. Dijelaskan oleh para ulama, bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah minum khamr, tidak pernah bersumpah dengan selain Allah, dan banyak sekali sebetulnya kejadian-kejadian yang menunjukkan bahwa beliau itu adalah orang yang terjaga dari kecil tidak pernah terlibat dalam minum minuman keras, dst.

Dst.

Sejarah Turunnya Al-Qur’an (Bagian ke-1)

[44:57]
Dalam riwayat Al-Bukhari menyatakan tentang bagaimana awal turunnya wahyu itu adalah ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha menyebutkan, bahwa pertama-tama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bermimpi melihat cahaya begitu terang.

أَوَّلُ مَا بُدِئَ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ الْوَحْيِ الرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ فِي النَّوْمِ فَكَانَ لَا يَرَى رُؤْيَا إِلَّا جَاءَتْ مِثْلَ فَلَقِ الصُّبْحِ …

“Pertama kali yang tampak pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari wahyu adalah mendapatkan mimpi yang baik saat tidur. Tidaklah dia melihat sebuah mimpi kecuali datang seperti cahaya falaq Subuh (sinar yang begitu indah di pagi hari). …”

Dst.

Rangkaian faedah menakjubkan dari sirah nabawiyah yang banyak dapat kita petik dari rekaman ceramah agama Faedah-faedah Sirah Nabawiyah oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A ini.

Download Ceramah Faedah Sirah Nabawiyah: Kisah Rehabilitasi Ka’bah (Bagian ke-2), Faedah Rasulullah Menikahi Khadijah, Peletakan Kembali Hajar Aswad, hingga Sejarah Turunnya Al-Qur’an (Bagian ke-1) – Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Baca Juga:
Kisah Keberanian dan Pengorbanan Bagian 3 - Kitab Ahsanul Bayan (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Mari kita share juga ke Facebook, Twitter, dan Google+ agar banyak saudara Muslimin lebih mengenal sejarah Nabi Muhammad, orang terbaik yang diutus Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semoga menjadi ladang pahala bagi kita, Aamiin.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.