Telegram Rodja Official

Tematik

Amalan-Amalan di Bulan Rajab (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Zainal Abidin Syamsudin

Berikut ini merupakan rekaman pengajian tentang Amalan-Amalan di Bulan Rajab yang disampaikan secara live di Radio Rodja dan TV Rodja pada Rabu malam, 8 Rajab 1435 / 7 Mei 2014, pukul 20:00-21:30 WIB oleh Ustadz Zainal Abidin. Jangan lupa juga untuk menyimak sesi tanya jawab yang banyak mengupas permasalahan amalan di bulan Rajab ini. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Ceramah – Kajian Tematik: Amalan-Amalan di Bulan Rajab

Banyak poliemik di tengah masyarakat, pro montra pun selalu terjadi setiap tahun. Antara menimbang kebiasaan, tradisi, dan ajaran sulit untuk kita wujudkan. Sehingga yang terjadi adalah konflik yang horizontal, dan tidak ada kesudahannya, apalagi elit agama yang cenederung membenarkan konflik tersebut. Oleh karena itu sikap terbaik adalah dengan menaati Allah, rasulNya dan juga ulil amri. Menaati Allah berarti dengan mengikuti Al-Qur’an, dan menaati rasul berarti dengan mengikuti sunnah-sunnah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, sedangkan menaati ulil amri berarti menaati pemerintah (dalam masalah dunia), dan menaati ulama (dalam amsalah agama).

Salah satu hal yang sering menjadi permasalahan adalah perkara amalan-amalan di bulan Rajab dan keutamaan bulan Rajab itu sendiri. Nah, sudah selayaknya ketika ada segala bentuk permasalahan kita kembalikan hukumnya kepada Allah dan rasulNya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Berebut Seekor Bangkai (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَات وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.” (QS At-Taubah [9]: 36)

Dari ayat tersebut kita bisa mengetahui bahwa di antara sekian bulan yang mulia, ada yang paling mulia. Dan diantara bulan yang paling mulia tersbut tidak lain adalah Dzulqa’dah, Dzulhijah, Muharam, dan Rajab. Dari sini kita mengetahui bahwa bulan Rajab termasuk bulan yang sangat mulia di sisi Allah.

Bagaimana cara memuliakan bulan ini? Simak penjelasan selengkapnya oleh Ustadz Zaenal Abidin, Lc., di dalam rekaman kajian yang bermanfaat ini. Semoga bermanfaat.

Download Pengajian: Ustadz Zainal Abidin Syamsudin – Amalan-Amalan di Bulan Rajab

Mari download pengajian ini, dan mari share tautan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ yang kita miliki. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua. Aamiin.

Telegram Rodja Official

2 Comments

  1. Pingback: Amalan di Bulan Rajab (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.) - Radio Rodja 756 AM

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.