Telegram Rodja Official

Amalan-amalan di Bulan Sya’ban (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.)

By  |  pukul 9:40 pm

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 09 Sya'ban 1435 / 07 Juni 2014 pukul 5:07 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6849

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Zainal Abidin Syamsudin

Rekaman ceramah agama ini adalah yang live di Radio Rodja dan RodjaTV pada Rabu malam, 6 Sya’ban 1435 / 4 Juni 2014 oleh Ustadz Zainal Abidin. Beliau kali ini menunda kembali pembahasan kitab Bulughul Maram, untuk dapat membahas “Amalan-amalan di Bulan Sya’ban“, yaitu melanjutkan pembahasan menarik sebelumnya tentang tema senada, yaitu “Amalan-amalan di Bulan Rajab“. Dalam ceramah ini membahas seputar amalan-amalan yang sering dilakukan Muslimin di bulan Sya’ban, mulai dari puasa, shalat, hingga dzikirnya.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Amalan-amalan di Bulan Sya’ban

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata:

Baca Juga:  Muslim Tidak Mengenal Putus Asa (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

إِذَا انْتَصَفَ شَعْبَانُ فَلَا تَصُومُوا حَتَّى يَجِيءَ رَمَضَانُ

“Jika Sya’ban sudah mulai pertengahan maka jangan puasa, kecuali hingga sampai Ramadhan.”

Hadits ini adalah hadits shahih, dan taujihnya sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Abu Dawud. Maksud hadits tersebut, jika masuk pertengahan Sya’ban, maka jangan puasa, yaitu dalam konteks diyakini sebagai bentuk afdhal kalau disambung sampai Ramadhan dan ingin mengambil keutamaan dari menyambung itu; Ini yang tidak boleh. Adapun orang yang puasa (setelah pertengahan Sya’ban), seperti puasa Senin-Kamis, puasa Dawud, apalagi yang ingin meng-qadha puasa atau membayar puasa kafarat dan puasa nadzar, maka tidak mengapa melaksanakan puasa itu dengan dalil, bahwa ‘Aisyah sendiri, istri terdekat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meng-qadha puasa di akhir Sya’ban.

Baca Juga:  Tanya-Jawab: Ramadhan: Ada asumsi dari ormas besar Islam bahwa pemerintah kita bukanlah ulil amri sehingga tidak wajib dipatuhi penentuan awal dan akhir Ramadhannya, lalu bagaimana?

Silakan download rekaman ceramah agama Islam ini yang insya Allah akan sangat bermanfaat bagi kita dalam menjalani bulan Sya’ban ini, di mana pada ceramah ini juga akan mengupas hadits-hadits bermasalah seputar Sya’ban dan beberapa hal penyimpangan terkait dengannya.

Download Ceramah: Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc. – Amalan-amalan di Bulan Sya’ban

Mari kita share kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah berpahala!

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.