Telegram Rodja Official

Khutbah Jumat

Pahamilah Hakikat Kehidupan Dunia dengan Benar – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 1:00 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 20 Oktober 2014 pukul 4:13 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6726

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Khutbah Jumat ini adalah yang disampaikan di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, pada Jumat, 30 Rajab 1435 / 30 Mei 2014. Dalam khutbah ini, Ustadz Badrusalam menyampaikan materi tentang “Pahamilah Hakikat Kehidupan Dunia dengan Benar“. Mari download khutbah Jumat yang singkat ini dan raihlah manfaat yang banyak bagi dunia dan akhirat kita insya Allah.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Memahami Hakikat Kehidupan Dunia dengan Benar!

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ، نَحْمَدُهُ، وَنَسْتَعِينُهُ، وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا، وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلا هَادِيَ لَه، وَأَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ :
قَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ:
(( يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ )) (آل عمران: ١٠٢).
(( يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً )) [النساء:١].
(( يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً )) [الأحزاب:٧٠-٧١].
أَمَّا بَعْدُ:
فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ، وَخَيْرُ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ ـ وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا ، وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ، وَكُلَّ ضَلَالَةٍ فِي النَّارِ.

Baca Juga:
Khutbah Jumat Tentang Ilmu: Bahaya Berkata Agama Tanpa Ilmu

Ummatal Islam, sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan agama ini, memberikan kemashlahatan kepada manusia. Allah mengutus para rasul, menurunkan kitab-kitab suci untuk menolak mudharat dari kehidupan mereka. Karena Allah mensifati dirinya dengan Maha kasih sayang, berarti syariatnya penuh dengan kasih sayang, perintah dan larangannya pun penuh dengan kasih sayang, dan semua takdir dan ketentuannya juga penuh dengan kasih sayang. Di dalam hadits qudsi, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ رَحْمَتِي سَبَقَتْ غَضَبِي

“Sesungguhnya rahmat dan kasih sayangku, mendahului kemurkaanku.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Ummatal Islam, di antara kasih sayang yang Allah berikan kepada kita yaitu dengan dijadikannya untuk kita para rasul, dan diturunkan kepada kita kitab-kitab yang mana dengannya kita bisa masuk ke dalam surga. Dan Allah mengingatkan tentang hakikat kehidupan dunia di dalam firmannya:

أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرّاً ثُمَّ يَكُونُ حُطَاماً وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

“Bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak. Seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani, kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS Al-Hadid [57]: 20)

Baca Juga:
Apa Itu Bid'ah? - Khutbah Jumat (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Di dalam ayat ini Allah mengingatkan kita bahwa kita hidup di dunia ini tidaklah lama dan bahwasanya dunia itu akan hancur. Semua yang ada di dalamnya akan hancur. Maka dari itu Al-Qur’an memberikan kepada kita kebahagiaan agar manusia bisa bahagia baik itu di dunia maupun di akhirat. Orang yang berakal dan berfikir tentang hakikat kehidupannya di dunia niscaya akan bersiap-siap untuk menuju kematiannya tersebut. Tetapi orang yang tidak menggunakan akal pikirannya, maka niscaya ia akan tertipu dengan kesenangan dan gemerlapnya dunia, ia disibukkan untuk mengejar dunia. Hingga ketika ajal menjemputnya, ia tidak siap, dan yang ada hanya penyesalan. Karena kematian itu tidak bisa dimundurkan.

Dan seterusnya…..

Silakan simak dan download khutbah Jumat yang bermanfaat ini, yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc – Pahamilah Hakikat Kehidupan Dunia dengan Benar

Mari raih kebaikan dengan membagikan link download khutbah Jumat ini kepada saudara-saudara kita, baik file hasil downloadnya maupun melalui akun Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga bermanfaat, jazakumullah khairan.

6 Comments

  1. Ahmad Sokhison

    Selasa, 24 November 2015 at 10:27 PM

    Alhamdulillah semakin banyaknya para ulama, auliya, Kyai, Ustadz, yang dengan ihlas hati berkenan mengunggah ilmunya baik lewat ceramah, khutbah jumat, sehingga banyak sekali kalangan awam baik mahasiswa ataupun pelajar berusaha mendapatkan referensi menyelesaikan dalam tugasnya. mudah2an semua saja yg berkenan menguploud semakin ditambahkan ilmunya, serta manfaat dan berkah. amiin.

    • Radio Rodja

      Rabu, 25 November 2015 at 9:16 AM

      Alhamdulillah, semoga Allah senantiasa memberikan hidayahNya kepada kita semua.

  2. abdulkarim baisa

    Senin, 23 Februari 2015 at 2:48 PM

    Sy suka sekali. Syukron

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 × = 24

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.