Telegram Rodja Official

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Kasih Sayang – Bagian ke-2 – dan Membersihkan Hati dari Hasad – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 9:40 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 08 Jumadil awal 1437 / 17 Februari 2016 pukul 1:54 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6903

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 11 Syaban 1435 / 9 Juni 2014, pukul 20:00-21:30 WIB. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya, beliau telah menjelaskan tentang Akhlak Muslim kepada Rabbnya yaitu, Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Kasih Sayang (Bagian ke-1). Dan pada pertemuan kali ini beliau akan membawakan pembahasan tentang Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia yaitu, “Kasih Sayang (Bagian ke-2) dan Membersihkan Hati dari Hasad“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Kasih Sayang (Bagian ke-2) dan Membersihkan Hati dari Hasad

Kasih Sayang (Bagian ke-2)

Jika kita benar-benar ingin menjadi mukmin yang mempunyai sifat kasih sayang, maka kita harus meneladaninya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebab, beliaulah satu-satunya hamba Allah yang telah mengisi seluruh kehidupan dengan limpahan kasih sayang. Allah yang membersihkan hati beliau dari kebencian dan kedengkian, lalu menggantinya dengan sifat kasih sayang dan kebaikan.

Baca Juga:  Pentingnya Akhlak Mulia - Bagian ke-2 - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

Membersihkan Hati dari Hasad

Hasad adalah merasa tidak suka dengan nikmat yang telah Allah berikan kepada orang lain. Jadi, sekedar tidak suka ketika melihat seseorang mendapatkan nikmatNya sudah terhitung hasad, meskipun perasaan ini tidak disertai harapan hilangnya nikmat dari orang tersebut, apalagi jika harapan buruk itu menyertainya. Demikianlah definisi hasad berdasarkan hasil pengkajian Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah.

Hasad dikenal juga dengan dengki. Ia merupakan penyakit hati yang menjangkiti hampir semua manusia, kecuali orang-orang yang Allah rahmati. Bahkan ia adalah dosa yang pertama kali dilakukan makhluk, yaitu ketika Iblis hasad terhadap Adam ‘alaihissalam karena kedudukan yang Allah anugerahkan kepadanya. Sehingga, Iblis menolak melaksanakan perintahNya agar sujud kepada Adam. Hasad ini pula yang menjerumuskan Iblis ke lembah maksiat berikutnya, kesombongan. Para ulama juga menjelaskan akan haramnya hasad

Baca Juga:  Tanda Sempurnanya Akal - Kitab Shaidul Khathir (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Ada tiga faktor yang dapat mendorong munculnya hasad pada diri seseorang:
1. Kebencian karena alasan personal
2. Keutamaan yang dimiliki orang lain
3. Keistimewaan pada diri sendiri

Dan seterusnya……

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai hal ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Kasih Sayang (Bagian ke-2) dan Membersihkan Hati dari Hasad

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:  Pentingnya Akhlak Mulia - Bagian ke-1 - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)
Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.