Masjid Al-Barkah

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Bab Sumpah yang Tidak Disengaja Tidak ada Dendanya, Bab Makruhnya Bersumpah dalam Jual Beli, hingga Bab Makruhnya Mencela Demam – Bab 317-322 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  |  pukul 5:00 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 08 Juli 2014 pukul 12:04 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=7367

Ceramah agama dan pengajian Islam dengan pembahasan kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Abdullah Roy, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman pengajian kitab Syarah Riyadhush Shalihin yang disiarkan live pada Senin sore, 9 Ramadhan 1435 / 7 Juli 2014, pada pukul 15:45-16:40 WIB, di Radio Rodja. Pada pengajian sebelumnya, telah disampaikan mengenai pembahasan Larangan Bersumpah dengan Makhluk / Selain Allah hingga Anjuran Bagi yang Bersumpah atas Sesuatu untuk Membayar Denda Sumpahnya yang merupakan pembahasan dari Bab 314-316, dan pada pembahasan kali ini Syaikh ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdilmuhsin Al-‘Abbad Al-Badr, akan membahas tentang “Sumpah yang Tidak Disengaja Tidak ada Dendanya, Makruhnya Bersumpah dalam Jual Beli, hingga Makruhnya Mencela Demam“, yang merupakan pembahasan dari Bab 317-322.

Pembahasan dalam Rekaman Pengajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Perkara-perkara yang Dilarang (كتَاب الأمُور المَنهي عَنْهَا)

Bab ke-317: Sumpah yang Tidak Disengaja Tidak Memiliki Konsekuensi Hukum dan Tidak ada Dendanya (باب العفو عن لغو اليمين وأنَّه لا كفارة فِيهِ، وَهُوَ مَا يجري عَلَى اللسان بغير قصد اليمين كقوله عَلَى العادة: لا والله، وبلى والله، ونحو ذَلِكَ)

[00:01]
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Bab Tercelanya Orang yang Bermuka Dua dan Bab Larangan Berdusta - Bab 259-260 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

لاَ يُؤَاخِذُكُمُ اللّهُ بِاللَّغْوِ فِي أَيْمَانِكُمْ وَلَـكِن يُؤَاخِذُكُم بِمَا عَقَّدتُّمُ الأَيْمَانَ فَكَفَّارَتُهُ إِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِينَ مِنْ أَوْسَطِ مَا تُطْعِمُونَ أَهْلِيكُمْ أَوْ كِسْوَتُهُمْ أَوْ تَحْرِيرُ رَقَبَةٍ فَمَن لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ ذَلِكَ كَفَّارَةُ أَيْمَانِكُمْ إِذَا حَلَفْتُمْ وَاحْفَظُواْ أَيْمَانَكُمْ

“Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu.” (QS Al-Maidah [5]: 89)

Bab ke-318: Makruhnya Bersumpah dalam Jual Beli walaupun Benar Adanya (باب كراهة الحلف في البيع وإنْ كان صادقًا)

[09:58]
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الحَلِفُ مَنْفَقَةٌ لِلسِّلْعَةِ، مَمْحَقَةٌ لِلْكَسْبِ. متفق عليه

“Sumpah dapat melariskan barang dagangan, namun ia menghapus keberkahan mata pencaharian.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Bab ke-322: Makruhnya Mencela Demam (باب كراهة سب الحمّى)

[35:09]
Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendengar Ummus Sa’ib atau Ummul Musayyib lalu bersabda:

Baca Juga:
Akibat Perbuatan Dosa - Ensiklopedi Larangan dalam Islam (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)

مَا لَكِ يَا أُمَّ السَّائِبِ – أو يَا أُمَّ المُسَيَّبِ – تُزَفْزِفِينَ؟ قَالَتْ: الحُمَّى لاَ بَارَكَ اللهُ فِيهَا! فَقَالَ: «لاَ تَسُبِّي الحُمَّى فَإنَّهَا تُذْهِبُ خَطَايَا بَنِي آدَمَ كَمَا يُذْهِبُ الكِيْرُ خَبَثَ الحَدِيدِ». رواه مسلم.

“Kenapa kamu gemetar, wahai Ummus Sa’ib (atau Ummul Musayyib)?” Dia menjawab: “Demam! Semoga Allah tidak memberkahinya.” Beliaupun bersabda: “Janganlah mencela demam. Sesungguhnya demam menghapuskan dosa-dosa anak adam, sebagaimana pandai besi melenyapkan karatnya besi”.” (HR Muslim)

Silakan simak penjelasan selengkapnya pengajian kitab Riyadhush Shalihin selengkapnya bersama Asy-Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab Sumpah yang Tidak Disengaja Tidak ada Dendanya, Makruhnya Bersumpah dalam Jual Beli, hingga Makruhnya Mencela Demam

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download pengajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.