Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Bab Larangan Bersumpah dengan Makhluk / Selain Allah hingga Bab Anjuran Bagi yang Bersumpah atas Sesuatu untuk Membayar Denda Sumpahnya – Bab 314-316 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  | 

Ceramah agama dan pengajian Islam dengan pembahasan kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Musyafa Ad-Dariny, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman pengajian kitab Syarah Riyadhush Shalihin yang disiarkan live pada Ahad sore, 7 Ramadhan 1435 / 6 Juli 2014, pada pukul 17:10-17:52 WIB, di Radio Rodja. Pada pengajian sebelumnya, telah disampaikan mengenai pembahasan Bab Makruhnya Bertengkar, Bersuara Keras, Mengumumkan Barang yang Hilang, Jual Beli, dan Semacamnya di Masjid (Bagian ke-2) hingga Bab Larangan Memotong Rambut dan Kuku ketika Akan Berkurban, dan pada pembahasan kali ini Syaikh ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdilmuhsin Al-‘Abbad Al-Badr, akan membahas tentang “Bab Larangan Bersumpah dengan Makhluk / Selain Allah hingga Bab Anjuran Bagi yang Bersumpah atas Sesuatu untuk Membayar Denda Sumpahnya“.

Daftar Isi

Baca Juga:
Jauhilah Kezaliman dan Takutlah akan Doa Orang yang Terzalimi - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Pembahasan dalam Rekaman Pengajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Perkara-perkara yang Dilarang (كتَاب الأمُور المَنهي عَنْهَا)

Bab ke-314: Larangan Bersumpah dengan Selain Allah (Makhluk), Seperti Nabi, Ka’bah, Malaikat, dan yang Lainnya (باب النهي عن الحلف بمخلوق كالنبي والكعبة والملائكة والسماء والآباء والحياة والروح والرأس وحياة السلطان ونعمة السلطان وتربة فلان والأمانة، وهي من أشدها نهيًا)

[00:01]
Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

إنَّ الله تَعَالَى يَنْهَاكُمْ أَنْ تَحْلِفُوا بِآبائِكُمْ، فَمَنْ كَانَ حَالِفًا، فَلْيَحْلِفْ بِاللهِ، أَوْ لِيَصْمُتْ. متفق عَلَيْهِ

“Sesungguhnya Allah Ta’ala melarang kalian bersumpah dengan bapak-bapak kalian. Barangsiapa yang ingin hendak bersumpah hendaklah dia bersumpah dengan nama Allah atau diam.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Bab ke-315: Larangan Keras Bersumpah Palsu dengan Sengaja (باب تغليظ اليمين الكاذبة عمدًا)

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَلَفَ عَلَى مَالِ امْرِئٍ مُسْلِمٍ بِغَيرِ حَقِّهِ، لَقِيَ اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ غَضْبَانُ

“Barangsiapa yang bersumpah atas harta seorang muslim tanpa haknya, niscaya kelak dia akan bertemu Allah sedang Dia murka terhadapnya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Bab ke-316: Anjuran Bagi Orang yang Bersumpah atas Sesuatu, Lalu Dia Melihat Ada Sesuatu Lain yang Lebih Baik Daripadanya, Agar Ia Membayar Denda Sumpahnya (باب ندب من حلف عَلَى يَمينٍ فرأى غيرها خيرًا مِنْهَا أَنْ يفعل ذَلِكَ المحلوف عَلَيْهِ ثُمَّ يُكَفِّر عن يمينه)

Dari ‘Abdurrahman bin Samurah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku:

Baca Juga:
Hukum Begadang dalam Islam (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

وَإِذَا حَلَفْتَ عَلَى يَمِينٍ، فَرَأيْتَ غَيْرَهَا خَيْرًا مِنْهَا، فَأتِ الَّذِي هُوَ خَيرٌ وَكَفِّرْ عَنْ يَمِينِكَ. متفق عَلَيْهِ

“Jika kamu telah bersumpah atas sesuatu hal, lalu kamu melihat ada perbuatan lain yang lebih baik daripada sumpahmu, maka kerjakanlah perbuatan baik itu dan bayarlah tebusan atas sumpahmu.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Silakan simak penjelasan selengkapnya pengajian kitab Riyadhush Shalihin selengkapnya bersama Asy-Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab Larangan Bersumpah dengan Makhluk / Selain Allah hingga Bab Anjuran Bagi yang Bersumpah atas Sesuatu untuk Membayar Denda Sumpahnya

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download pengajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.