Rodja Peduli

Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah

Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 931-935 – TPP: “Ciri Orang yang Paling Taqwa, Paling Kaya, Mukmin, dan Muslim serta Larangan Banyak Tertawa” dan “Siapakah Penduduk Surga dan Neraka?” (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 01 Desember 2016 pukul 8:31 am

Tautan: http://rodja.id/lf

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Alhamdulillah, dapat kita lanjutkan kembali kajian kitab Silsilah Al-Ahadits Shahihah bersama Ustadz Badrusalam di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Bogor pada Ahad ba’da Maghrib, 29 Syawwal 1435 / 24 Agustus 2014. Pengajian kitab Silsilah Hadits Shahih kali (demikian yang familiar dikenal terjemahannya di Indonesia) kali ini membawakan 5 hadits dari Hadits ke-930 hingga Hadits ke-935. Ceramah ini juga disiarkan secara live di Radio Rodja dan RodjaTV, dan kini, alhamdulillah, Anda dapat mendownload rekaman ceramahnya.

Termasuk Pembahasan Penting (TPP): “Ciri Orang yang Paling Taqwa, Paling Kaya, Mukmin, dan Muslim serta Larangan Banyak Tertawa” dan “Siapakah Penduduk Surga dan Neraka?”

[sc:status-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hadits-hadits Shahih dari Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits ke-930: Ciri Orang yang Paling Taqwa, Paling Kaya, Mukmin, dan Muslim serta Larangan Banyak Tertawa

[00:01]
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من يأخذ عني هؤلاء الكلمات فيعمل بهن أو يعلم من يعمل بهن ؟ فقال أبو هريرة فقلت : أنا يا رسول الله , فأخذ بيدي فعد خمسا فقال : اتق المحارم تكن أعبد الناس و ارض بما قسم الله لك تكن أغنى الناس و أحسن إلى جارك تكن مؤمنا و أحب للناس ما تحب لنفسك تكن مسلما و لا تكثر الضحك , فإن كثرة الضحك تميت القلب

Baca Juga:
Tentang Sifat Bakhil hingga Bab Orang yang Aman Ditempatnya - Bab 139-141 - Hadits 297-300 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

“”Siapakah yang mau mengambil dariku kalimat-kalimat berikut ini, lalu dia mengamalkannya atau mengajarkan orang yang mau mengamalkannya? Maka Abu Hurairah berkata, “Aku berkata, “Aku, wahai Rasulullah!”” Maka beliau shallallahu ‘alaihi wasallam memegang tanganku dan menyebut 5 perkara, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jauhilah yang haram-haram, niscaya kamu menjadi orang yang paling beribadah kepada Allah. Ridholah dengan apa yang Allah tentukan untukmu, niscaya kamu menjadi orang yang paling kaya. Berbuat baiklah kepada tetanggamu, niscaya kamu menjadi orang yang mukmin. Dan sukailah untuk manusia apa yang kamu sukai untuk dirimu, niscaya kamu menjadi orang yang Muslim. Jangan banyak tertawa, karena banyaknya tertawa itu bisa mematikan hati.”” (HR At-Tirmidzi dan Al-Kharaiti)

Hadits ke-931: Siapakah Penduduk Surga dan Neraka?

[20:17]
Dari Suraqah bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ألا أنبئكم بأهل الجنة ؟ المغلوبون الضعفاء و أهل النار كل جعظري جواظ مستكبر

“Maukah aku beritahukan kepada kalian siapa penduduk surga itu? Yaitu orang-orang yang didzalimi dan lemah. Sedangkan penduduk neraka itu setiap orang yang sombong, kasar, dan angkuh.” (HR Al-Hakim)

Dan seterusnya…….

Simak pembahasan hadits-hadits shahih dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits ke-930 hingga ke-935

Baca Juga:
Bab Larangan Bersumpah dengan Makhluk / Selain Allah hingga Bab Anjuran Bagi yang Bersumpah atas Sesuatu untuk Membayar Denda Sumpahnya - Bab 314-316 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Mari share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.