Telegram Rodja Official

Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah

Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 926-930 – TPP: Seorang Mukmin merupakan Cermin bagi Mukmin yang lainnya dan Anjuran Bergaul dengan Teman yang Baik Agamanya (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 21 Desember 2015 pukul 9:39 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=7011

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini rekaman ceramah agama Islam dari pembahasan kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, yang disampaikan pada Ahad ba’da Maghrib, 17 Syaban 1435 / 15 Juni 2014 di Masjid Al-Barkah, Komplek Radio Rodja, Cileungsi, Bogor, serta disiarkan oleh Radio Rodja dan RodjaTV. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Badrusalam, Lc.. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan Hadits 920-925, dengan salah satu bahasan penting mengenai “Anjuran untuk Berinfak, Anjuran untuk Meminta Surga Firdaus kepada Allah, dan Seterusnya“. Dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Hadits 926-930, dengan pembahasan penting mengenai “Seorang Mukmin merupakan Cermin bagi Mukmin yang lainnya dan Anjuran Bergaul dengan Teman yang Baik Agamanya.” Semoga bermanfaat.

Termasuk Pembahasan Penting (TPP): “Seorang Mukmin merupakan Cermin bagi Mukmin yang lainnya dan Anjuran Bergaul dengan Teman yang Baik Agamanya”

[sc:status-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hadits-hadits Shahih dari Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits ke-926: Seorang Mukmin merupakan Cermin bagi Mukmin yang lainnya

[00:01]
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga:
Hadits Arbain Ke 4 - Proses Penciptaan Manusia dan Takdir dalam Lauhul Mahfudz

المؤمن مرآة المؤمن و المؤمن أخو المؤمن يكف عليه ضيعته و يحوطه من ورائه

“Seorang mukmin itu cermin bagi mukmin yang lain, dan seorang mukmin itu saudara bagi mukmin yang lain. Dan ia berusaha membantunya ketika susah, dan meliputinya dari belakangnya.” (HR Ibnu Wahb, Abu Dawud, dan Al-Bukhari)

Hadits ke-927: Anjuran Bergaul dengan Teman yang Baik Agamanya

[09:26]
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الرجل على دين خليله، فلينظر أحدكم من يخالل

“Seseorang itu tergantung dengan agama teman dekatnya, maka dari itu hendaknya setiap dari kalian memperhatikan dengan siapa dia berteman.” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Al-Hakim, dan yang lainnya)

Hadits ke-928: Larangan Menghajr Saudara Semuslim tanpa Sebab Syar’i

[15:16]
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من هجر أخاه سنة، فهو كسفك دمه

“Barangsiapa yang menghajr (mendiamkan) saudaranya selama satu tahun, maka dia seolah-olah menumpahkan darahnya.” (HR Al-Bukhari, Abu Dawud, Al-Hakim, dan yang lainnya)

Dan seterusnya…….

Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan hadits-hadits yang bermanfaat ini, dan silakan download ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits ke-926 hingga ke-930

Silakan bagikan hasil rekaman atau link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:
Bab Karomah Para Wali dan Keutamaan Mereka - Bagian ke-3 - dan Bab Haramnya Ghibah dan Perintah untuk Menjaga Lisan - Bagian ke-1 - Bab 253-254 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.