Rodja Peduli

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Perhatian Al-Qur’an terhadap Nama Bayi (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 8:40 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 30 Maret 2016 pukul 10:13 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=8561

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ceramah agama berikut ini merupakan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 9 Dzulhijjah 1435 / 4 Oktober 2014 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada ceramah ini, beliau menyampaikan sebuah tema tentang “Perhatian Al-Qur’an terhadap Nama Bayi“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Fiqih Keluarga

Perhatian Al-Qur’an terhadap Nama Bayi

Salah satu perhatian Islam terhadap anak-anak adalah adanya perhatian di dalam Al-Qur’an terhadap nama bayi. Hal ini dikarenakan, seorang bayi itu memiliki hak untuk diberikan nama yang baik oleh orang tuanya. Karena nama tersebut adalah suatu tanda untuk mengenalkan dirinya di halayak manusia.

Islam sebagai agama yang sempurna telah memberikan petunjuk tentang pentingnya memilih nama bagi seorang anak muslim. Nama yang dianjurkan adalah nama yang mempunyai makna yang baik yang membuat hati dan jiwa tenang, serta memberikan rasa optimis pada diri anak. Allah Ta’ala memberikan gambaran tentang hal ini di dalam Al-Qur’an, ketika menceritakan kisah Zakariya, Allah Ta’ala berfirman:

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَل لَّهُ مِن قَبْلُ سَمِيّاً

“Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.” (QS Maryam [19]: 7)

Baca Juga:
Duhai Ayah, Dengarlah Anakmu (Ustadz Abuz Zubair Hawary, Lc.)

Simak penjelasan selengkapnya mengenai hal ini dengan mendownload ceramah agama dari seri fiqih keluarga ini.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Perhatian Al-Qur’an terhadap Nama Bayi

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahal berlimpah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.