Telegram Rodja Official

Tematik

Adab Berhutang dan Menghutangi – Bagian ke-1 (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Rekaman ceramah agama oleh Ustadz Ahmad Zainuddin yang live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu pagi, 20 Dzulhijjah 1435 / 15 Oktober 2014, pukul 08:00-10:00 WIB. Pembahasan yang amat penting tentang bagaimana seorang Muslim menjaga dirinya dari perbuatan dzalim, yaitu dari terbelitnya diri atas hutang sehingga menghalangi ganjaran pahala dari amal ibadah selama hidupnya untuk dapat masuk surga, na’udzubillah. Silakan simak ceramah berjudulkan “Adab Berhutang dan Menghutangi (Bagian ke-1)“.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Adab Berhutang dan Menghutangi (Bagian ke-1)

Sebuah hal yang patut kita perhatikan dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu kita di dunia diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk beribadah. Dengan ibadah tersebut, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala menerima ibadah kita. Dan akhirnya, dengan ibadah tersebut, kita mendapatkan ganjaran pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang salah satu penyebab seorang manusia mendapatkan surga Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah dengan banyaknya ganjaran pahala yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan kepada seorang hamba. Mmeskipun kita meyakini semua hamba yang masuk ke dalam surga murni atas rahmat dan keputusan Allah Subhanahu wa Ta’ala, tetapi salah satu penyebab seseorang masuk ke dalam surga adalah disebabkan amal ibadah yang berbuah pahala tersebut. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
"Bagi Aku, Musik itu Halal" (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

… ادْخُلُواْ الْجَنَّةَ بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ (النحل: ٣٢)

“… Masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan.” (QS An-Nahl [16]: 32)

Oleh karenanya, kita di dunia sangat perlu dan butuh untuk mengumpulkan pahala begitu banyak.

Pemandangan sangat menyedihkan adalah apabila seorang Muslim, dia setelah mengumpulkan pahala begitu banyak, akibat sebuah kedzaliman yang dia lakukan, maka pahala-pahala yang bergunung-gunung tadi habis, sehingga dia menjadi orang yang bangkrut pada hari kiamat. Di sinilah kita akhirnya mengetahui kenapa Allah Subhanahu wa Ta’ala mengharamkan kedzaliman, sebagaimana dalam hadits qudsi, Allah berfirman:

يا عبادي إني حرمت الظلم على نفسي وجعلته بينكم محرما فلا تظالموا

“Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya Aku telah mengharamkan kedzaliman atas diriKu dan Aku jadikan kedzaliman tersebut haram di antara kalian, maka janganlah kalian berbuat dzalim.”

Mari kita download rekaman ceramah agama tematik tentang “Adab Berhutang” sekaligus “Adab Menghutangi” agar kita bukan termasuk orang-orang yang berbuat dzalim. Aamiin.

Download Ceramah Agama Islam: Ustadz Ahmad Zainuddin – Adab Berhutang dan Menghutangi (Bagian ke-1)

Ayo share ke Facebook, Twitter, dan Google+, cukup mudah dengan menggunakan tombol-tombol di bawah ini. Insya Allah berpahala atas penyebaran kebaikan ini!

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.