Rodja Peduli

Tematik

Adab Berhutang dan Menghutangi – Bagian ke-2 (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 10:10 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 25 Oktober 2014 pukul 8:03 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=8939

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Melanjutkan pembahasan yang telah lalu tentang Adab Berhutang dan Menghutangi (Bagian ke-1), pada pada Rabu pagi, 27 Dzulhijjah 1435 / 22 Oktober 2014, terselenggara ceramah bersama narasumber yang sama, Ustadz Ahmad Zainuddin berjudulkan “Adab Berhutang dan Menghutangi (Bagian ke-2). Kini, alhamdulillah dapat Anda download rekaman ceramah agamanya, di mana pembahasan tentang hutang ini termasuk pembahasan yang penting bagi keselamatan dunia-akhirat kita.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Adab Berhutang dan Menghutangi (Bagian ke-2)

Ada beberapa yang patut kita ketahui, di antaranya (adalah) salah satu kiat menjadi manusia yang terbaik. Tentunya kita ingin menjadi manusia yang terbaik. Salah satu kiatnya adalah menjadi orang yang paling bermanfaat untuk orang lain, terutama tatkala orang lain sangat membutuhkan pertolongan kita, terutama tatkala orang lain sangat gembira dengan pertolongan yang kita lakukan, maka ini, ibadah yang sangat luar biasa di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala bahkan bisa mengalahkan ibadah beri’itikaf di Masjid Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Ibadah memasukkan kegembiraan ke hati seorang Muslim sampai Muslim tersebut benar-benar gembira, sampai seorang Muslim tersebut akhirnya senang, perasaannya lapang; yang asalnya sempit, terhimpit, dan banyak masalah, dengan pertolongan kita, walhamdulillah, maka orang tersebut akhirnya nyaman, lapang, dan tenteram, maka seperti yang saya (Ustadz Ahmad Zainuddin-Ed) sebutkan, ibadah seperti ini bisa mengalahkan beri’tikaf di Masjid Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam selama sebulan.

Baca Juga:
Rangkuman - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, sebagaimana yang disebutkan di dalam kitab Shahihul Jami’:

من أفضل العمل إدخال السرور على المؤمن يقضي عنه دينًا، يقضي له حاجة، ينفس عنه كربة

“Termasuk amal yang paling utama adalah memasukkan kegembiraan ke dalam hati seorang mukmin, membayarkan atasnya hutang, menyediakan hajat yang diperlukannya, dan melapangkan kesulitan yang dimilikinya.”

Silakan download ceramah agama ini.

Download Ceramah Agama Islam: Ustadz Ahmad Zainuddin – Adab Berhutang dan Menghutangi (Bagian ke-2)

Yuk, kita share kembali ceramah lanjutan dari adab berhutang ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.