Telegram Rodja Official

Faedah-faedah Sirah Nabawiyah

Masuk Islamnya Musyrikin Madinah, Baiat ‘Aqabah Pertama, dan Mush’ab bin ‘Umair sebagai Utusan Rasulullah – Faedah Sirah Nabawiyah (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

By  |  pukul 9:40 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 05 Oktober 2018 pukul 10:47 am

Tautan: http://rodja.id/193

Ceramah agama sirah nabawiyah dan faedah-faedahnya oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Ceramah agama Islam oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. tentang Faedah-Faedah Sirah Nabawiyah, di mana kita akan mengambil / memetik faedah-faedah dari kisah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Sebelumnya, telah kita selesaikan bersama tentang Kisah Isra Mi’raj Nabi Muhammad (Bagian ke-2), sebagai penutup dari rangkaian kisah Isra Mi’raj. Kemudian, kelanjutan kisah yang disampaikan pada Jumat pagi, 29 Dzulhijjah 1435 / 24 Oktober 2014 adalah tentang “Masuk Islamnya Musyrikin Madinah, Baiat ‘Aqabah Pertama, dan Mush’ab bin ‘Umair sebagai Utusan Rasulullah“. Mari kita simak kembali kisahnya dan download rekaman ceramahnya!

[sc:status-faedah-sirah-nabawiyah-ustadz-ali-musri-semjan-putra-2013]

Ringkasan Ceramah Agama: Faedah Sirah Nabawiyah

Kisah Masuk Islamnya Musyrikin Madinah

[04:20]
Pada tahun 11 Hijriyah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menemui beberapa tokoh dari kota Madinah, mereka datang berhaji, yang mana sudah dijelaskan bahwa orang-orang dahulu dari musyrikin juga melaksanakan haji; kalau ibadah mereka lakukan tapi bercampur-baur dengan kesyirikan. … Bukan berarti orang musyrikin di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak sama sekali menyembah Allah dan tidak bersyukur kepada Allah, mereka menyembah Allah, tetapi di samping menyembah, beribadah, dan berdoa kepada Allah, juga meminta kepada selain Allah; mempercayai zat-zat yang lain selain Allah yang dapat membantu membebaskan mereka dari kesulitan mereka.

Baca Juga:
Hak-Hak Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam - Bagian ke-1 - Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Dst.

Kisah Baiat ‘Aqabah Pertama

[16:50]
Pada tahun 11 Hijriyah itu, di antara yang beriman ada 7 orang, di antara mereka adalah Mu’adz bin Al-Harits, Dzakwan bin ‘Abdil Qais, ‘Ubadah bin Ash-Shamit, Yazid bin Tsa’labah, ‘Abbas bin ‘Ubadah, Abu Haitsam At-Taihani, dan ‘Uwaim bin Sa’idah; 5 orang dari Khazraj dan 2 dari Aus. Mereka menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di Mina pada tahun ke-12 Hijriyah, dan saat itu dinamakan Baiat Aqabah Pertama.

Dst.

Kisah Mush’ab bin ‘Umair Radhiyallahu ‘anhu sebagai Utusan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam

[22:17]
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mulai mengirim seorang da’i, yaitu Mush’ab bin ‘Umair. Di sini, dimulailah misi dakwah. Ketika mereka kembali ke Madinah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengirim seseorang yang mengajarkan mereka tentang Islam, yaitu Mush’ab bin ‘Umair. Dan pada tahun ke-13, Mush’ab bin ‘Umair juga membawa rombongan (yang masuk Islam), karena (orang yang ikut dalam) Baiat Aqabah Pertama melakukan dakwah di tengah kaumnya, sehingga pada Baiat Aqabah Kedua hadir sekitar 73 laki-laki dan 2 orang perempuan.

Dst.

Mari kita simak rangkaian kisah menarik tentang Kisah Masuk Islamnya Musyrikin Madinah, Kisah Baiat Aqabah Pertama, dan Kisah Mush’ab bin ‘Umair Radhiyallahu ‘anhu sebagai Utusan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam yang tentu amat sayang apabila kita lewatkan. Download ceramah agama Sirah Nabawiyah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Baca Juga:
Perang Shiffin Pada Masa Khalifah Ali bin Abi Thalib

Download Ceramah Faedah Sirah Nabawiyah: Kisah Masuk Islamnya Musyrikin Madinah, Kisah Baiat ‘Aqabah Pertama, dan Kisah Mush’ab bin ‘Umair Radhiyallahu ‘anhu sebagai Utusan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam – Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Ayo tidak hanya simak dan download, tapi juga share ke Facebook, Twitter, dan Google+ agar saudara-saudara Muslimin dapat lebih mengenal sejarah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.