Telegram Rodja Official

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Bimbingan Islam dalam Pemberian Nama Bayi (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  | 

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ceramah agama berikut ini merupakan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 29 Al-Muharram 1436 / 22 November 2014 di Radio Rodja. Pada ceramah sebelumnya, beliau menyampaikan kajian dengan pembahasan tentang Hukum seputar Khitan, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Bimbingan Islam dalam Pemberian Nama Bayi“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Fiqih Keluarga

Bimbingan Islam dalam Pemberian Nama Bayi

Salah satu hal yang perlu kita ketahui berkaitan dengan bayi adalah masalah memberikan nama pada bayi. Islam menganjurkan kepada kita untuk memberikan nama-nama yang baik kepada anak-anak kita. Bahkan hal ini merupakan hak dari seorang anak yang terlahir ke dunia.

Islam telah memberikan petunjuk kepada umat-umatnya dalam memberikan nama kepada anak-anak mereka. Islam menganjurkan untuk memilihkan nama yang mempunyai makna yang bagus. Di dalam Al-Qur’an Allah juga menyinggung berkaitan denga memberikan nama pada bayi. Allah Ta’ala berfirman:

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَل لَّهُ مِن قَبْلُ سَمِيّاً

“Wahai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.”. (QS Maryam [10]: 7)

Baca Juga:
Fiqih Pendidikan Anak (ke-17): Karakter Pendidik yang Sukses - 8. Lunak dan Fleksibel (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

سبعة من السنة في الصبي يوم السابع: يسمى ويختن

“Ada tujuh hal yang termasuk sunnah dilakukan kepada bayi saat umur tujuh hari: diberi nama dan dikhitan.” (HR Ath-Thabrani)

Simak penjelasan selengkapnya mengenai Pemberian Nama-Nama Bayi Islami ini, dengan mendownload ceramah agama dari seri fiqih keluarga ini.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Bimbingan Islam dalam Pemberian Nama Bayi

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Telegram Rodja Official

5 Comments

  1. Kusumo

    Minggu, 27 Sya'ban 1436 / 14 Juni 2015 at 07:07

    Assalamualaikum wr wb
    Pak Ustad, mohon masukan dan saran untuk pemberian nama anak Muhammad Danish AL-farizi

    Terimakasih,
    Wassalamualaikum wr wb

  2. irwan

    Rabu, 16 Sya'ban 1436 / 03 Juni 2015 at 22:15

    Assalamualaikum….
    Ustad, saya punya anak laki2 saya menamainya SAHL, mertua saya meminta saya menambah nama anak saya, bolehkah menamainya dgn kata, klo boleh apa yg baik?
    Trimakasih atas jawabanya…
    Barakallahu fiq..

    • Radio Rodja

      Kamis, 17 Sya'ban 1436 / 04 Juni 2015 at 08:30

      Wa’alaikumsalam
      Tidak mengapa jika Anda akan menambahnya, pilih saja nama-nama yang baik seperti Muhammad, Abdurrahman, Abdullah, nama-nama Nabi, atau nama-nama sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Wallahu a’lam

  3. imam syaifuddin

    Senin, 22 Rajab 1436 / 11 Mei 2015 at 11:23

    ustad/ustadzah apakah boleh memberi nama anak dengan imbuhan nama ayah,,,dan apakah boleh memberi nama anak mncampur dengan mngambil dr islam dan bahasa sansekerta

    • Radio Rodja

      Senin, 14 Sya'ban 1436 / 01 Juni 2015 at 10:51

      Boleh, menyisipkan nama ayah kepada nama anak. Dan dianjurkan untuk memberikan nama-nama Islami dan jauhi nama-nama yang bermakna buruk.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.