Masjid Al-Barkah

Fawaaidul Fawaaid

Seseorang Tidak Akan Merasakan Manfaat Nikmat Allah berupa Iman dan Ilmu kecuali Orang yang Mengenal Dirinya – Kitab Fawaidul Fawaid (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:10 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 6:13 am

Tautan: https://rodja.id/4ia

Ceramah agama oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Ceramah agama yang telah lalu pada kajian kitab Fawaidul Fawaid adalah tentang Tanda-Tanda Keinginan yang Sehat, Allah Tidak Mengubah Keadaan Suatu Kaum hingga Mereka Mengubah Keadaan Diri Mereka Sendiri, dan Kemuliaan Jiwa. Kemudian, pada Senin pagi, 2 Shafar 1436 / 24 November 2014, hadir pembahasan pasal baru dari kitab tersebut tentang “Seseorang Tidak Akan Merasakan Manfaat Nikmat Allah berupa Iman dan Ilmu kecuali Orang yang Mengenal Dirinya“. Pembahasan kitab bernuansakan tazkiyatun nufus ini rutin disampaikan oleh Ustadz Badrusalam di Radio Rodja dan Rodja TV.

[sc:status-fawaidul-fawaid-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Kajian Kitab Fawaidul Fawaid Al-Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah

Seseorang Tidak Akan Merasakan Manfaat Nikmat Allah berupa Iman dan Ilmu kecuali Orang yang Mengenal Dirinya (لا ينتفع بنعمة الله بالإيمان والعلم إلا من عرف نفسه)

لا ينتفع بنعمة الله بالإيمان والعلم إلا من عرف نفسه ووقف بها عند قدرها ولم يتجاوزه إلى ما ليس له ولم يتعد طوره

Seseorang tidak akan merasakan manfaat nikmat Allah berupa iman dan ilmu kecuali orang yang mengenal dirinya siapa, lalu ia pun berhenti sesuai dengan kemampuanya, artinya dia pun tahu akan kemampuan-kemampuan dirinya, sehingga pada waktu itu karena dia tahu diri siapa dia dan bagaimana kemampuan-kemampuannya, dan ia pun tidak melebihi sesuatu yang melebihi kemampuannya.

Baca Juga:
Saat Terindah (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Maka orang yang seperti ini, kata beliau (Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah–Ed), akan merasakan manfaat daripada iman dan ilmu.

ولم يقل هذا لي

“Orang ini tidak akan pernah berkata, “Ini semua adalah karena aku.”

Dst.

Ayo kita simak selengkapnya rekaman ceramah agama Islam yang sarat akan penyucian jiwa yang semoga dengannya mampu memperbaiki keadaan-keadaan kita, Aamiin.

Simak dan Download Kajian Kitab Fawaidul Fawaid: Seseorang Tidak Akan Merasakan Manfaat Nikmat Allah berupa Iman dan Ilmu kecuali Orang yang Mengenal Dirinya

Share yuk ke Facebook, Twitter, dan Google+, agar semakin banyak Muslimin yang memetik manfaat darinya dan agar pahala kita bertambah karena menyebarkan kebaikan ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.