Rodja Peduli

Faedah-faedah Sirah Nabawiyah

Hijrahnya Rasulullah dan Para Sahabat ke Madinah – Bagian ke-5: Perjalanan Hijrah Rasulullah bersama Abu Bakar, Masuk Islamnya Ummu Ma’bad dan Abu Buraidah, Sesampainya di Quba dan Pendirian Masjid Pertama, serta Sesampainya Hijrah di Madinah – Faedah Sirah Nabawiyah (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

By  |  pukul 9:40 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 05 Mei 2017 pukul 4:35 pm

Tautan: http://rodja.id/18x

Ceramah agama sirah nabawiyah dan faedah-faedahnya oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Pada Jumat pagi, 13 Shafar 1436 / 6 Desember 2014, alhamdulillah, dapat menyambung kembali kisah Nabi Muhammad yang telah lalu tentang Hijrahnya Rasulullah dan Para Sahabat ke Madinah (Bagian ke-4: Perjalanan Hijrah Rasulullah bersama Abu Bakar dan Masuk Islamnya Suraqah bin Malik). Kisah kali ini, masih tentang Hijrahnya Rasulullah dan Para Sahabat ke Madinah (Bagian ke-5), yaitu tentang Perjalanan Hijrah Rasulullah bersama Abu Bakar, Masuk Islamnya Ummu Ma’bad dan Abu Buraidah, Sesampainya di Quba dan Pendirian Masjid Pertama, kemudian Sesampainya Hijrah di Madinah. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri dalam program Faedah-Faedah Sirah Nabawiyah, di mana kita akan memetik berbagai faedah yang terbetik di setiap detik-detik sejarah Nabi Muhammad.

[sc:status-faedah-sirah-nabawiyah-ustadz-ali-musri-semjan-putra-2013]

Ringkasan Ceramah Agama: Faedah Sirah Nabawiyah

Kisah Hijrahnya Rasulullah dan Para Sahabat ke Madinah (Bagian ke-5)

Perjalanan Hijrah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersama Abu Bakar Radhiyallahu ‘anhu, Masuk Islamnya Ummu Ma’bad dan Abu Buraidah Radhiyallahu ‘anhuma, Sesampainya di Quba dan Pendirian Masjid Pertama, kemudian Sesampainya Hijrah di Madinah

Kisah berikutnya dalam perjalanan hijrah ini, yaitu kisah ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melewati tenda Ummu Ma’bad Al-Khuza’iyyah. Ummu Ma’bad adalah seorang wanita, namanya adalah ‘Atikah binti Khalid dari suku Khuza’ah. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam lewat di tenda ini dalam perjalan hijrah beliau, sebagian penulis sirah menyebutkan jaraknya sekitar 130 km dari kota Mekkah.

Baca Juga:
Serba-serbi Hadits Indah Pilihan - Bagian ke-10 - Hadits tentang Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Isma'il serta Hadits tentang Air Cendawan - Bab 370 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Pada Sirah Nabawiyah ini masih melanjutkan kisah panjang hijrahnya Rasulullah bersama Abu Bakar paska masuk Islamnya Suraqah bin Malik. Selama perjalanan tersebut, masuk Islamlah Ummu Ma’bad, kemudian juga Abu Buraidah beserta segenap kaumnya sebanyak 70 orang. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dan Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu pun sampai di Quba dan mendirikan Masjid Quba sebagai masjid pertama yang dibangun di atas ketaqwaan kepada Allah Ta’ala. Dan sampailah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di Madinah. Simak kisah selengkapnya dengan download ceramah ini.

Download Ceramah Faedah Sirah Nabawiyah: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. – Kisah Hijrahnya Rasulullah dan Para Sahabat ke Madinah (Bagian ke-5: Perjalanan Hijrah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersama Abu Bakar Radhiyallahu ‘anhu, Masuk Islamnya Ummu Ma’bad dan Abu Buraidah Radhiyallahu ‘anhuma, Sesampainya di Quba dan Pendirian Masjid Pertama, kemudian Sesampainya Hijrah di Madinah)

Mari share kisah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.