Rodja Peduli

Fiqhul Akhlaaq

Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:20 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 19 Desember 2014 pukul 2:11 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=10453

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Menahan Diri dalam Berbicara apabila Pembicaraan tersebut Tidak Ada Faidahnya. Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 24 Shafar 1436 / 17 Desember 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia

Allah Ta’ala berfirman:

وَقُولُواْ لِلنَّاسِ حُسْناً

“Dan ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia”. (QS Al-Baqarah [2]: 83)

Ini merupakan firman Allah Ta’ala yang menganjurkan kepada kita agar kita menggunakan kata-kata yang baik dan indah saat berbicara dengan orang lain. Dan hal itu merupakan salah satu adab berbicara.

Sering kali kita menyakiti hati orang lain dengan kata-kata yang kita keluarkan, dan hal yang seperti ini harus ditinggalkan dan dijauhi. Karena hal itu bisa jadi merupakan makar dari setan yang berusaha membuat perselisihan di antara kaum muslimin. Allah Ta’ala juga berfirman:

Baca Juga:
Bab Memaafkan Pembantu, Jika Budak Mencuri, hingga Adab Pembantu - Hadits 164-171 - Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

وَقُل لِّعِبَادِي يَقُولُواْ الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنزَغُ بَيْنَهُمْ إِنَّ الشَّيْطَانَ كَانَ لِلإِنْسَانِ عَدُوّاً مُّبِيناً

“Dan katakanlah kepada hamha-hamba-Ku: “Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.” (QS Al-Isra [17]: 53)

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.