Rodja Peduli

Fiqhul Akhlaaq

Menahan Diri dalam Berbicara apabila Pembicaraan tersebut Tidak Ada Faidahnya – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:20 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 19 Desember 2014 pukul 2:14 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=9963

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Pentingnya Mengingatkan Diri dan Orang Lain untuk Senantiasa Mengingat Allah. Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Menahan Diri dalam Berbicara apabila Pembicaraan tersebut Tidak Ada Faidahnya“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 4 Shafar 1436 / 26 November 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Menahan Diri dalam Berbicara apabila Pembicaraan tersebut Tidak Ada Faidahnya

Ditekankan bagi kita untuk menahan diri dari berbicara dan tidak tenggelam di dalamnya, apabila did alam pembicaraan tersebut tidak ada faidahnya.

Dahulu ketika Maryam hamil mengandung Nabi Isa ‘alaihissalam, kaumnya heran karena tiba-tiba Maryam datang membawa putra padahal ia belum menikah. Saat itu, Allah Ta’ala berfirman:

فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَداً فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَنِ صَوْماً فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنسِيّاً

“Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini”.” (QS Maryam [19]: 26)

Baca Juga:
Bab Hibah, 'Athiyyah, dan Washiyyah / Hadiah, Pemberian, dan Wasiat - Bagian ke-3 - Kitab Manhajus Salikin (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

Dalam keadaan itu, diam merupakan solusi terbaik bagi Maryam. Karena kalau berbicara pun kaumnya tidak akan mempercayainya.

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Menahan Diri dalam Berbicara apabila Pembicaraan tersebut Tidak Ada Faidahnya

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.