Telegram Rodja Official

Fiqhul Akhlaaq

Pentingnya Mengingatkan Diri dan Orang Lain untuk Senantiasa Mengingat Allah – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Bersikap Lemah Lembut dan Tawadhu kepada Orang Lain. Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Pentingnya Mengingatkan Diri dan Orang Lain untuk Senantiasa Mengingat Allah“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 4 Shafar 1436 / 26 November 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Pentingnya Mengingatkan Diri dan Orang Lain untuk Senantiasa Mengingat Allah

Di dalam pergaulan kita sehari-hari, penting bagi kita untuk mengingatkan diri kita pribadi dan teman-teman kita untuk senantiasa mengingat Allah Ta’ala. Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menerapkan hal ini di dalam majelis-majelisnya, beliau tidak pernah mendiamkan kesalahan yang dilakukan oleh para sahabatnya. Disebutkan di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Sabahat Abu Mas’ud Al-Badri radhiyallahu ‘anhu:

“Dahulu aku pernah memukul budakku dengan cambuk, tiba-tiba aku mendengar suara dari belakangku dan berkata: “Ketahuilah wahai Abu Mas’ud!”. Namun aku tidak memahami suara itu karena aku sangat marah saat itu. Ketika ia dekat dariku ternyata ia adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ternyata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ketahuilah Abu Mas’ud!, Ketahuilah Abu Mas’ud!.” Lalu aku pun melempar cambuk itu dari tanganku. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ketahuilah waha Abu Mas’ud Allah lebih mampu atas dirimu daripada kamu terhadap budakmu itu.” Lalu aku berkata: “Kalau begitu akan tidak akan pernah memukul budakku selama-lamanya.”

Baca Juga:
Ihsan kepada Diri Sendiri dan Orang Tua - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Lihatlah apa yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat sahabatnya melakukan kesalahan, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam langusng mengurnya. Maka kita sudah sepantasnya untuk menerapkan hal ini, ketika kita menjumpai sahabat atau teman kita atau bahkan keluarga kita melakukan kesalahan, maka jangan segan-segan untuk mengingatkannya. Tentu saja dengan cara yang baik dan nasihat untuk senantiasa mengingat Allah Ta’ala dalam setiap keadaan.

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Pentingnya Mengingatkan Diri dan Orang Lain untuk Senantiasa Mengingat Allah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.