Rodja Peduli

Al-Ibaanatu Ash-Shughraa (Al-Ibanah Ash-Shughra)

Larangan Menggunakan Logika dalam Menetapkan Hukum-Hukum Agama – Poin 74-77 – Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 10:10 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 23 Desember 2014 pukul 1:32 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=10564

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Ibanah Ash-Shughra karya Imam Ibnu Baththah Al-‘Ukbariy yang disampaikan pada Selasa pagi, 1 Rabiul Awwal 1436 / 23 Desember 2014, pukul 08:00-09:00 WIB. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary. Pada kajian kali ini beliau akan membahas Poin 74 hingga 77, yaitu tentang “Larangan Menggunakan Logika dalam Menetapkan Hukum-Hukum Agama“, setelah sebelumnya menjelaskan Poin 74. Semoga bermanfaat

[sc:status-al-ibanah-ash-shughra-ustadz-abu-ihsan-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra – Larangan Menggunakan Logika dalam Menetapkan Hukum-Hukum Agama

Pada poin ke-74, Imam Ibnu Baththah Al-‘Ukbariy rahimahullah membawakan sebuah kisah dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu, yang mana ada seorang laki-laki yang berkata kepada beliau:

أَرَأَيْتَ؟ أَرَأَيْتَ؟، فَقَالَ: اجْعَلْ أَرَأَيْتَ بِالْيَمِيْنِ، إِنَّمَا هِيَ السُّنَنُ

“Bagaimana menurutmu? Bagaimana menurut pendapatmu? Maka Ibnu ‘Umar berkata: “Letakanlah ucapan “bagaimana menurutmu” di sebelah kananmu (artinya singkirkanlah ia), sesungguhnya yang menjadi pedoman adalah sunnah-sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam“”.

Pada poin ke-75 Imam Ibnu Baththah Al-‘Ukbariy rahimahullah membawakan perkataan Asy-Sya’bi rahimahullah:

ما قضيت لي رأيا قط

Baca Juga:
Hal-Hal Yang Dijelaskan Kenajisannya Oleh Dalil Syariat

“Aku tidak pernah memutuskan suatu perkara hukum dengan logika sama sekali.”

Pada poin ke-76 beliau membawakan perktaan Qatadah rahimahullah:

لم أفت برأي منذ ثلاثين سنة

“Aku tidak pernah berfatwa dengan logika akal semenjak 30 tahun.”

Pada poin ke-77 beliau membawakan perktaan Hasan Al-Bashri rahimahullah yang artinya:
“Sesungguhnya sejahat-jahatnya hamba Allah adalah orang-orang yang senantiasa membahas-bahas masalah yang pelik, agar masalah-masalah tersebut mengenai hamba Allah yang lainnya.”

Simak penjelasan lengkap dari poin-poin tersebut di dalam rekaman ceramah agama yang dismapaikan oleh Ustadz Abu Ihsan ini. Download ceramahnya dan simak juga sesi tanya-jawab yang ada dipenghujung pembahasan tersebut.

Download Ceramah Agama Islam: Kajian Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra: Larangan Menggunakan Logika dalam Menetapkan Hukum-Hukum Agama (Poin 74-77)

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link download kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain turut mendapatkan manfaatnya. Jazakumullahu Khairan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.