Telegram Rodja Official

Tematik

Keutamaan Ilmu Syar’i / Ilmu Agama (Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat)

By  |  pukul 10:38 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 01 Januari 2016 pukul 1:47 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=10792

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat

Sebuah ceramah agama Islam tematik yang sangat menarik, dengan tema “Keutamaan Ilmu Syar’i / Ilmu Agama“, yang dibawakan oleh Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat. Di dalam ceramah agama Islam ini, beliau menjelaskan tentang keutamaan menuntut ilmu agama, kemudian beliau juga menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan ilmu agama. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Keutamaan Ilmu Syar’i / Ilmu Agama

Menuntut ilmu syar’i merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Dengan ilmu maka kita bisa mengenal Islam dengan baik. Dengan ilmu kita akan mengetahui hakikat Islam yang sebenarnya yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan dalam seluruh segi kehidupan, manusia sangat butuh terhadap ilmu melebihi kebutuhannya terhadap makan dan minum.

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah telah mengeluarkan sebuah perkataan emas yang patut dicatat dengan tinta emas. Beliau berkata:

الناس محتاجون إلى العلم أكثر من حاجتهم إلى الطعام والشراب، لأن الطعام والشراب يحتاج إليه في اليوم مرة أو مرتين، والعلم يحتاج إليه في عدد الأنفاس

“Manusia sangat butuh kepada ilmu melebihi kebutuhan mereka kepada makan dan minum. Karena kebutuhan manusia kepada makan dan minum dalam sehari hanya sekali atau dua kali. Sedangkan kebutuhan mereka terhadap ilmu sebanyak bilangan nafasnya.”

Baca Juga:
Kembalikan Hati Anda Pada Fitrahnya (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Islam merupakan agama yang mendasari segala sesuatu dengan ilmu. Allah mengangkat derajat seseorang dengan ilmu, Allah turunkan kitabNya dengan ilmu, para nabi dan rasul diperintahkan untuk mendakwahkan agamaNya dengan ilmu. Dan sebaliknya, Allah sangat mencela kebodohan yang merupakan lawan dari ilmu.

Allah Ta’ala berfirman:

شَهِدَ اللّهُ أَنَّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ وَالْمَلاَئِكَةُ وَأُوْلُواْ الْعِلْمِ قَآئِمَاً بِالْقِسْطِ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS Ali Imran [3]: 18)

Di dalam ayat ini Allah Allah mengangkat para malaikat dan orang-orang yang berilmu menjadi saksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Dari sini kita mengetahui bahwa kedudukan orang-orang berilmu itu sangatlah mulia di hadapan Allah.

Bagaimana penjelasan selengkapnya tentang keutamaan ilmu agama atau ilmu syar’i ini? Silakan simak uraian dan penjelasannya oleh Ustadz Abdul Hakim Abdat di dalam rekaman ceramah agama ini, atau Anda bisa mendengarkannya langsung melalui player yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat – Keutamaan Ilmu Syar’i / Ilmu Agama

Baca Juga:
Seorang Nabi Lebih Utama Dari Seluruh Wali

Mari bagikan link ceramah agama dan kajian ini, ke Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga bermanfaat bagi kita dan juga bagi orang lain. Jazakumullahu khairan.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.