Telegram Rodja Official

Kajian Keluarga

Anak dan Menjaga Lisan – Fiqih Pendidikan Anak (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

By  | 

Ceramah agama islam oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Ceramah tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak), pada kajian sebelumnya telah dibahas sebuah tema tentang Anak dan Menjaga Rahasia. Dan pada Senin pagi, 12 Rabiul Akhir 1436 / 2 Februari 2015, pukul 10:00-11:00 WIB, Ustadz Abdullah Zaen melanjutkan kepada pembahasan Anak dan Menjaga Lisan yang merupakan pembahasan dari silsilah nomor 47. Ceramah ini adalah bagian dari program Kajian Keluarga bersama Ustadez Abdullah Zaen yang live rutin di Radio Rodja dan Rodja TV.

Program Kajian Keluarga - Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Status program Kajian Keluarga: AKTIF. Simak program ini di Radio Rodja dan Rodja TV setiap: Senin pagi, pukul 10:00-11:00 WIB, 2 pekan sekali, bergantian dengan Kajian Fiqih Doa dan Dzikir.

Ringkasan Ceramah Kajian Keluarga (Fiqin Pendidikan Anak: Anak dan Menjaga Lisan)

Lisan merupakan anegerah yang sangat besar yang Allah berikan kepada hamba-hambaNya. Dengannya mereka bisa berkomunikasi dengan sesamanya. Jika tidak ada lisan niscaya banyak hal yang tidak bisa tersampaikan. Sebagai nikmat yang besar, ternyata lisan juga mempunyai ujian atau bahaya yang sangat besar. Maka dari itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa salah satu hal yang paling banyak memasukan manusia ke dalam neraka adalah lisan.

Baca Juga:
Akhlak Muslim kepada Rabbnya: Takut / Khauf (Bagian ke-2) - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Allah Subhanahu wa Ta’ala pun menganjurkan kita untuk mengucapkan perkataan yang benar. Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar.” (QS Al-Ahzab [33]: 70)

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap orang tua adalah bagaimana mereka mengajarkan kepada anak-anaknya untuk menjaga lisan. Karena setiap apa yang diucapkan oleh orang tuanya pasti direkam oleh anak-anaknya. Maka dari itu, setiap orang tua hendaknya membiasakan dan mengajarkan kepada anak-anaknya untuk berkata hal-hal yang baik saja dan menjauhi ucapan-ucapan buruk.

Silakan simak lanjutan dari bahasan seri ceramah tentang pendidikan anak bersama Ustadz Abdullah Zaen, M.A. ini dengan mendownloadnya sekarang juga.

Download Kajian Fiqih Pendidikan Anak: Anak dan Menjaga Lisan

Share yuk ceramah fiqih pendidikan anak ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga semakin menambah pahala Anda seiring semakin banyak Muslimin yang menyimak dan memetik hikmah dari ceramah ini. Aamiin.

Telegram Rodja Official

2 Comments

  1. taufiq saleh

    Rabu, _04 _Februari _2015 / 04 Februari 2015 at 12:18

    assalamualaikum, tolong ajarkan saya cara mendwonload kajian2 ini.
    trima kasih

    • Abu Azka

      Selasa, _10 _Februari _2015 / 10 Februari 2015 at 08:47

      Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, anda bisa langsung mendownload kajian audio dalam format mp3 melalui link download yang sudah kami sediakan. Untuk proses download hanya bisa dilakukan melalui browser desktop/pc dan Android, selain itu kami belum mencobanya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.