Telegram Rodja Official

Kajian Keluarga

Anak dan Sifat Lapang Dada – Fiqih Pendidikan Anak (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama islam oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Ceramah tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak), pada kajian sebelumnya telah dibahas sebuah tema tentang Anak dan Menjaga Lisan. Dan pada Senin pagi, 26 Rabiul Akhir 1436 / 16 Februari 2015, pukul 10:00-11:00 WIB, Ustadz Abdullah Zaen melanjutkan kepada pembahasan Anak dan Sifat Lapang Dada yang merupakan pembahasan dari silsilah nomor 47. Ceramah ini adalah bagian dari program Kajian Keluarga bersama Ustadez Abdullah Zaen yang live rutin di Radio Rodja dan Rodja TV.

Program Kajian Keluarga - Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Status program Kajian Keluarga: AKTIF. Simak program ini di Radio Rodja dan Rodja TV setiap: Senin pagi, pukul 10:00-11:00 WIB, 2 pekan sekali, bergantian dengan Kajian Fiqih Doa dan Dzikir.

Ringkasan Ceramah Kajian Keluarga (Fiqin Pendidikan Anak: Anak dan Sifat Lapang Dada)

Lapang dada merupakan salah satu sifat terpuji dan akhlak mulia yang akan memberikan jalan kebaikan kepada setiap insan yang ingin mencapai puncak kebaikan. Manfaat dari sifat lapang dada ini salah satunya akan menghasilkan perilaku mudah memaafkan orang lain, dan tidak memendam rasa iri atau dendam. Sifat ini tentunya sangat dianjurkan di dalam Islam. Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Pembinaan Anak sebelum Tamyiz (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ

“Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.” (Al-A’raf [7]: 199)

Allah memerintahkan kita untuk menjadi orang yang pemaaf, namun banyak di antara kita yang sulit untuk memberikan maaf kepada orang lain yang melakukan kesalahan kepada kita. Maka dari itu, sifat lapang dada dalam memaafkan orang lain merupakan sifat mulia karena hal itu diperintahkan dan jarang yang bisa memilikinya.

Akhlak mulia ini harus ditekankan kepada anak-anak kita semenjak dini. Hal itu agar mereka menjadi anak-anak yang memiliki sifat lapang dada dan pemaaf.

Silakan simak lanjutan dari bahasan seri ceramah tentang pendidikan anak bersama Ustadz Abdullah Zaen, M.A. ini dengan mendownloadnya sekarang juga.

Download Kajian Fiqih Pendidikan Anak: Anak dan Sifat Lapang Dada

Share yuk ceramah fiqih pendidikan anak ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga semakin menambah pahala Anda seiring semakin banyak Muslimin yang menyimak dan memetik hikmah dari ceramah ini. Aamiin.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.