Telegram Rodja Official

Tematik

Hadits Shahih tentang Keutamaan Surat-Surat Al-Qur’an (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Pada Rabu pagi, 18 Jumadal Akhirah 1436 / 8 April 2015, pukul 08:20-10:10 WIB, alhamdulillah terselenggara kembali sebuah ceramah agama Islam tematik bersama Ustadz Ahmad Zainuddin. Ceramah yang diketengahkan berjudul “Hadits Shahih tentang Keutamaan Surat-Surat Al-Qur’an“. Mari simak pembahasan keutamaan Surat-Surat dalam Al-Quran berdasarkan hadits-hadits yang shahih.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hadits Shahih tentang Keutamaan Surat-Surat Al-Qur’an

Tema yang kita angkat pada kesempatan kali ini adalah “Hadits Shahih tentang Keutamaan Surat-Surat Al-Quran”. Maksud tema ini adalah nantinya di dalam kajian ini, saya (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.–Red) akan menyebutkan hadits-hadits shahih yang menyebutkan tentang Surat yang ada dalam Al-Quran, misalkan Surat Al-Fatihah, keutamaannya apa? Kemudian Surat Al-Baqarah, keutamaannya apa? Maka itu adalah inti dari tema ini.

Keutamaan Surat Al-Fatihah

[35:49]
Dari ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata:

بينما جبريل قاعد عند النبي صلى الله عليه وسلم سمع نقيضا من فوقه فرفع رأسه فقال هذا باب من السماء فتح اليوم لم يفتح قط إلا اليوم فنزل منه ملك فقال هذا ملك نزل إلى الأرض لم ينزل قط إلا اليوم فسلم وقال أبشر بنورين أوتيتهما لم يؤتهما نبي قبلك فاتحة الكتاب وخواتيم سورة البقرة لن تقرأ بحرف منهما إلا أعطيته

Baca Juga:
Detik-Detik Wafatnya Rasulullah - Hikmah Pelajaran dan Jawaban atas Isu Pembongkaran Makam Nabi (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.)

“Ketika Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam duduk di hadapan Jibril, maka beliau mendengar suara menggelegar dari atas kepalanya, kemudian beliau mengangkat kepalanya, maka Jibril berkata, “Ini adalah salah satu pintu dari langit yang telah dibuka hari ini, tidak pernah sama sekali dibuka kecuali hari ini.” Turunlah darinya seorang malaikat. Maka disebutkan, “Ini adalah malaikat yang turun ke bumi, dan tidak pernah turun sebelumnya kecuali hari ini.” Kemudian dia mengucapkan salam. Maka malaikat tersebut mengatakan, “Bergembiralah dengan 2 cahaya yang telah diberikan kepada engkau (Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam), tidak pernah ada nabi seorang pun sebelumnya diberikan 2 cahaya ini: Surat Al-Fatihah dan akhir-akhir dari Surat Al-Baqarah (yaitu 2 ayat terakhir dari Surat Al-Baqarah, ayat ke-285 dan ke-286). Tidaklah engkau membaca satu huruf pun di antara kedua Surat tersebut kecuali akan diberikan kepadamu.”” (HR Muslim)

Ayo kita lanjutkan untuk menyimak keutamaan dari Surat-Surat Al-Quran lainnya dengan men-download atau mem-play ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Hadits Shahih tentang Keutamaan Surat-Surat Al-Qur’an

Jangan lupa untuk share tautan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ serta bagikan hasil download Anda ke saudara-saudara Muslimin lainnya. Semoga bermanfaat bagi kaum Muslimin yang turut menyimak dan semoga bermanfaat pula sebagai penambah amal kebaikan kita, Aamiin.

Baca Juga:
Tafsir Surat Adh-Dhuha - Ayat 5 - Tafsir Al-Quran (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

3 Comments

  1. hana makmun

    Selasa, 07 Maret 2017 at 2:17 PM

    Bagusnya…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.