Telegram Rodja Official

Tematik

Di Balik Perceraian (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Ceramah agama ini adalah yang disampaikan pada Sabtu pagi, 22 Jumadats Tsaniyah 1436 / 11 April 2015, pukul 08:30-12:00 WIB di Masjid Ar-Rahmat, Jl. Anggrek Cendrawasih, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat. Ceramah oleh Ustadz Ahmad Zainuddin ini menyampaikan materi tentang “Di Balik Perceraian“. Sebuah ceramah yang berusaha mengangkat tentang cerai / talak menurut Islam, bagaimana hukumnya, dan ada apa di balik sebuah perceraian. Silakan download rekaman ceramahnya sekarang.

Rekaman video: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. – Di Balik Perceraian

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Di Balik Perceraian

Pengertian Cerai

Cerai secara terminologi bahasa adalah melepaskan dan mengangkat ikatan. Ini sebagaimana yang dijelaskan oleh para ulama bahasa, di antaranya di dalam kitab Al-Mishbahul Munir dan Al-Qamus.

Adapun talak di dalam ‘urf al-fuqaha, yaitu di dalam definisi yang disebutkan para ahli fikih, sebagaimana kalau kita ambil dari kitab, misalkan Al-Mughni, adalah:

رفع قيد النكاح في الحال أو المآل بلفظ مخصوص أو ما يقوم مقامه

“Mengangkat ikatan nikah pada saat itu (secara langsung) atau batas waktu yang ditentukan dengan lafadz yang khusus atau seluruh hal yang menunjukkan tanda talak / cerai.”

Baca Juga:
Mengenal Nama Allah As-Sittir, Ad-Dayyan, dan Al-Muhsin - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Itu pengertian cerai menurut ‘urful fuqaha, kebiasaan para ulama fiqih mendefinisikannya.

Talak / cerai itu adalah syariat Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan dalil Surat Ath-Thalaq, ayat ke-1:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاء فَطَلِّقُوهُنَّ لِعِدَّتِهِنَّ وَأَحْصُوا الْعِدَّةَ وَاتَّقُوا اللَّهَ رَبَّكُمْ لَا تُخْرِجُوهُنَّ مِن بُيُوتِهِنَّ وَلَا يَخْرُجْنَ إِلَّا أَن يَأْتِينَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ وَتِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ وَمَن يَتَعَدَّ حُدُودَ اللَّهِ فَقَدْ ظَلَمَ نَفْسَهُ لَا تَدْرِي لَعَلَّ اللَّهَ يُحْدِثُ بَعْدَ ذَلِكَ أَمْراً (الطلاق: ١)

“Hai Nabi, apabila kamu menceraikan istri-istrimu, maka hendaklah kamu ceraikan mereka pada waktu mereka dapat (menghadapi) iddahnya (yang wajar) dan hitunglah waktu iddah itu serta bertakwalah kepada Allah, Tuhanmu. Janganlah kamu keluarkan mereka dari rumah mereka dan janganlah mereka (diizinkan) ke luar, kecuali mereka mengerjakan perbuatan keji yang terang. Itulah hukum-hukum Allah, maka sesungguhnya dia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri. Kamu tidak mengetahui barangkali Allah mengadakan sesudah itu sesuatu hal yang baru.” (QS Ath-Thalaq [65]: 1)

Ini adalah dalil yang sangat kuat yang menunjukkan tentang disyariatkannya hukum cerai. Jadi hukum cerai, meskipun nanti ada keburukannya, tapi dia adalah syariat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Lalu ada apa di balik perceraian? Dan keburukan apa yang dimaksud dari adanya perceraian ini? Mari download atau simak ceramah agama Islam yang insya Allah sangat bermanfaat, khususnya bagi seorang Muslim yang telah berkeluarga maupun yang akan berkeluarga untuk mengilmuinya.

Baca Juga:
Kerusakan-kerusakan Dusta, Prioritas Meninggalkan Dosa, dan Pengaruh Meninggalkan Kemaksiatan - Kitab Fawaidul Fawaid (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Di Balik Perceraian

Share yuk ceramahnya ke Facebook, Twitter, dan Google+ atau bagikan hasil download Anda kepada saudara Muslimin.

Telegram Rodja Official

3 Comments

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.