Telegram Rodja Official

Tematik

Perceraian, Sebab-Sebab, dan Solusinya (Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.

Berikut ini rekaman audio dari kajian yang disampaikan di Radio Rodja dan Rodja TV pada Kamis, 20 Jumadal Akhirah 1436 / 10 April 2015. Kajian atau ceramah agama Islam tematik ini disampaikan oleh Ustadz Abu Fairuz, M.A. dengan pembahasan seputar “Perceraian, Sebab-Sebab, dan Solusinya“.

Rekaman video: Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A. – Perceraian, Sebab-Sebab, dan Solusinya

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Perceraian, Sebab-Sebab, dan Solusinya

Sering kita melihat berbagai macam kasus rumah tangga yang mengakibatkan terjadinya kasus perceraian. Dan ini terjadi di mana saja, bukan saja di negri kita. Perceraian di dalam Islam adalah jalan terakhir yang harus ditempuh kedua pasangan ketika semua jalan telah buntu.

Perkara perceraian merupakan perkara yang besar. Sampai-sampai setan sangat berupaya untuk bisa memisahkan hubungan antara suami dan istri. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ إِبلِيسَ يَضَعُ عَرْشَهُ عَلَى الْماَءِ ثُمَّ يَبْعَثُ سَرَايَاهُ فَأَدْنَاهُمْ مِنهُ مَنْزِلَةً أَعْظَمُهُمْ فِتْنَةً، يَجِيءُ أَحَدُهُم فَيَقُولُ: فَعَلْتُ كَذَا وَكَذَا. قَالَ: مَا صَنَعْتَ شَيْئًا. ثُمَّ يَجِيْءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُولُ: مَا تَرَكْتُهُ حَتَّى فَرَّقْتُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ امْرَأَتِهِ. قَالَ: فَيُدْنِيهِ مِنْهُ وَيَقُولُ: نِعْمَ أَنْتَ

Baca Juga:
Khusyuk dalam Shalat (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

“Sesungguhnya iblis meletakkan singgasananya di atas air lantas ia mengirimkan tentara-tentaranya. Maka yang paling dekat di antara mereka dengan iblis adalah yang paling besar fitnah yang ditimbulkannya. Datang salah seorang dari anak buah iblis menghadap iblis kemudian berkata, “Aku telah melakukan ini dan itu.” Iblis menjawab, “Engkau belum melakukan apa-apa.” Lalu datang setan yang lain melaporkan, “Tidaklah aku meninggalkan dia (orang yang diganggunya) hingga aku berhasil memisahkan dia dengan istrinya.” Maka iblis pun mendekatkan anak buahnya tersebut dengan dirinya dan memujinya, “Engkaulah yang terbaik.” (HR. Muslim)

Hadits yang mulia ini memberikan gambaran kepada kita bahwa Iblis sangat menyukai perpisahan antara seorang laki-laki dengan istrinya. Bahkan Iblis menjadikan memecah belah hubungan antara suami dan istri itu sebagai target utama. Hal itu karena Iblis berusaha merusakan masyarakat melalui rusaknya rumah tangga terlebih dahulu. Jika rumah tangga rusak dan kacau, maka otomatis masyarakat juga akan kacau dan rusak.

Mari simak ceramah agama Islam yang membahas tentang permasalah keluaga ini, dengan mendengarkannya secara langsung melalui player yang tersedia di bawah ini atau download rekamannya sekarang juga.

Download Ceramah: Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan – Perceraian, Sebab-Sebab, dan Solusinya

Jangan lupa, share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga menjadi amal yang bermanfaat bagi diri kita karena telah membagikan kebaikan ini kepada saudara Muslimin. Aamiin.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.