Telegram Rodja Official

Tematik

Berlapang Dada dalam Menerima Islam (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 11 Oktober 2016 pukul 4:32 pm

Tautan: http://rodja.id/c9

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Berikut adalah rekaman ceramah agama Islam yang berlangsung live pada Selasa malam, 3 Rajab 1436 / 21 April 2015, ba’da Maghrib hingga ba’da Isya’ di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Cileungsi, Bogor. Ceramah disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim dengan tema tentang “Berlapang Dada dalam Menerima Islam.

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Rekaman video: Ustadz Abdullah Taslim, M.A. – Berlapang Dada dalam Menerima Islam

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Berlapang Dada dalam Menerima Islam

Salah satu di antara keistimewaan besar berpegang teguh dengan Islam adalah apa yang disebutkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam firmanNya:

فَمَن يُرِدِ اللّهُ أَن يَهْدِيَهُ يَشْرَحْ صَدْرَهُ لِلإِسْلاَمِ وَمَن يُرِدْ أَن يُضِلَّهُ يَجْعَلْ صَدْرَهُ ضَيِّقاً حَرَجاً كَأَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِي السَّمَاء … (الأنعام: ١٢٥)

Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya , niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit (untuk menerima kebaikan Islam), seolah-olah ia sedang mendaki langit. …” (QS Al-An’am [6]: 125)

Jadi, Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan Islam, petunjukNya, syariatNya, hukum-hukum dalam agamaNya adalah untuk memberikan kebahagiaan hidup yang sempurna, kelapangan dada yang sesungguhnya bagi hambaNya yang beriman. Maka dari itu, orang yang beriman mengetahui, ketika agama turun, dia harus menyesuaikan diri dengan agama, dia harus mengubah dirinya, mengubah pandangannya, mengubah segala yang ada pada dirinya untuk disesuaikan dengan agama, karena agama diturunkan untuk segala kebaikan. Ini kalau dia ingin mendapatkan manfaat yang terbesar dalam agama Islam.

Baca Juga:
Menangis karena Allah (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Orang-orang yang beriman, Allah kehendaki bahagia dunia akhirat:

إِنَّ الْأَبْرَارَ لَفِي نَعِيمٍ . وَإِنَّ الْفُجَّارَ لَفِي جَحِيمٍ . (الإنفطار: ١٣-١٤)

“Sungguh orang-orang yang selalu taat kepada Allah hidup dalam kenikmatan (di dunia dan di akhirat), dan sungguh orang-orang yang durhakan akan hidup di neraka (penderitaan.)” (QS Al-Infithar [82]: 13-14)

Oleh karena itu, kita ketahui di sini, patokan kita agar keburukan pada diri kita diubah adalah kita berusaha mengikuti petunjuk Islam, kita melatih diri kita menundukkan hawa nafsu kita di jalan Allah, agar lapang menerima Islam. Kita berusaha membersihkan kotoran-kotoran penyakit hati kita dengan petunjuk Islam untuk menghilangkan penghalang yang menjadikan jiwa kita lapang menerima Islam.

Simak yuk renungan / tausiyah yang penuh manfaat ini

Download Ceramah Agama: Ustadz Abdullah Taslim – Berlapang Dada dalam Menerima Islam

Share juga ya ke Facebook, Twitter, dan Google+.

1 Comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    4 + 6 =

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.