Rodja Peduli

Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Keyakinan Tidak Bisa Hilang dengan Keraguan – Bagian ke-1 – Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 12:10 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 04 Juni 2015 pukul 11:26 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14054

Kajian kaidah fiqih oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman dari pelajaran Kaidah Fiqih yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi pada Kamis pagi, 3 Syaban 1436 / 21 Mei 2015 di Radio Rodja dan RodjaTV. Kajian ini membahas buku “Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami” karya Ustadz Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusuf hafidzahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Kurnaedi telah menjelaskan kaidah fiqih yang berbunyi “Pemberian Sanksi dengan Kebalikan dari Maksud Si Pelaku“, dan pada pertemua kali ini, beliau akan menyampaikan tentang kaidah fiqih yang berbunyi “Keyakinan Tidak Bisa Hilang dengan Keraguan (Bagian ke-1)“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Kaidah Fiqih: Keyakinan Tidak Bisa Hilang dengan Keraguan (Bagian ke-1)

Pada kajian kali ini, Ustadz Kurnaedi akan membahas dan menjelaskan tentang kaidah fiqih yang berbunyi:

اليَقِيْنُ لَا يَزُوْلُ بِالشَّكِّ

“Sesuatu yang yakin tidak bisa hilang dengan keraguan”

Makna Kaidah

اليَقِيْنُ Al-Yakin secara bahasa adalah kemantapanhati atas sesuatu. Adapun الشَّكِّ Asy-Syak secara bahasa artinya keraguan.

Maksud dari kaidah ini adalah apabila terjadi sebuah kebimbangan antara dua hal yang mana tidak bisa memilih dan mneguatkan salah satunya, namun apabila bisa menguatkan salah satunya maka hal itu tidak dinamakan dengan asy-syak.

Baca Juga:
Sesuatu Yang Mudah Dilakukan Tidak Bisa Gugur Karena Ada Sesuatu Yang Sulit

Dalil Kaidah

Kaidah ini terambil dari pemahaman banyak ayat dan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, di antaranya adalah:

وَمَا يَتَّبِعُ أَكْثَرُهُمْ إِلاَّ ظَنّاً إَنَّ الظَّنَّ لاَ يُغْنِي مِنَ الْحَقِّ شَيْئاً

“Dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali persangkaan saja. Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran.” (QS Yunus [10]: 36)

Silakan simak kajian selengkapnya yang berkaitan dengan kaidah “اليَقِيْنُ لَا يَزُوْلُ بِالشَّكِّ” di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kaidah Fiqih: Keyakinan Tidak Bisa Hilang dengan Keraguan (Bagian ke-1)

Jangan lupa untuk turut membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala yang besar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.