Masjid Al-Barkah

Mutiara Sahur

Ramadhan Bulan Ketakwaan – Mutiara Sahur (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

By  |  pukul 9:13 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 29 Juni 2015 pukul 9:20 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14639

Kajian Mutiara Sahur oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian dari program Mutiara Sahur yang disampaikan secara live di Radio Rodja dan Rodja TV, pada Ahad pagi, 11 Ramadhan 1436 / 28 Juni 2015. Kajian ini disarikan dari “(مقالات رمضانية)” karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr, dan dikaji oleh Ustadz Muhammad Nur Ihsan. Kajian ini hadir sembari menemani waktu sahur Anda dan keluarga. Pada kajian ini, Ustadz Muhammad Nur Ihsan membahas tema tentang “Ramadhan Bulan Ketakwaan“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Mutiara Sahur: Ramadhan Bulan Ketakwaan

Salah satu hikmah dari disyari’atkannya puasa adalah agar kita menjadi orang-orang yang mulia dan bertakwa di sisi Allah Ta’ala Selain itu juga adalah agar kita menjadi orang yang bahagia di bulan yang penuh berkah di bulan ketakwaan dan bulan kesabaran ini. Oleh karena itu, Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan kita untuk senantiasa melakukan amalan-amalan yang shalihah yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah sebagaimana aplikasi takwa yang Allah perintahkan kepada hamba-hambaNya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjelaskan hal tersebut di dalam firmanNya:

Baca Juga:
Perkara Yang Harus Diperhatikan Saat Puasa

وَلَقَدْ وَصَّيْنَا الَّذِينَ أُوتُواْ الْكِتَابَ مِن قَبْلِكُمْ وَإِيَّاكُمْ أَنِ اتَّقُواْ اللّهَ

“Dan sungguh Kami telah memerintahkan kepada orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan (juga) kepada kamu, bertakwalah kepada Allah.” (QS An-Nisa [4]: 131)

Wasiat takwa ini Allah tunjukan kepada semua manusia, bukan hanya kepada kita umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah [2]: 183)

Bagaimana penjelasan mengenai tema ini? Silakan download dan simak penjelasan Ustadz Muhammad Nur Ihsan mengenai “Ramadhan Bulan Ketakwaan” di dalam rekaman kajian berikut ini. Semoga bermanfaat.

Silakan Download Kajian Mutiara Sahur: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. – Ramadhan Bulan Ketakwaan

Mari kita share link download kajian yang bermanfaat ini, ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat untuk kita dan saudara-saudara kita yang lain. Jazakumullahu khairan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.