Telegram Rodja Official

Khutbah Jumat

Penjelasan tentang Puasa Syawal – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download khutbah Jumat yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor pada Jumat, 8 Syawal 1436 / 24 Juli 2015. Pada khutbah jumat ini, beliau menyampaikan tema tentang “Penjelasan tentang Puasa Syawal“. Mari kita simak dan download khutbah Jumat ini, semoga bermanfaat.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Penjelasan tentang Puasa Syawal

Saat ini kita telah memasuki bulan Syawal, setelah sebelumnya kita melewati bulan Ramadhan. Di setiap musim dan setiap bulannya, Allah Ta’ala dan RasulNya mensyariatkan kepada kita ibadah-ibadah. Saat di bulan Ramadhan kita disyariatkan untuk beribadah, demikian pula di setiap bulan ada waktu-waktu yang di situ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan kepada kita tentang keutamaan ibadah. Mengapa demikian? Hal itu tujuannya adalah agar kita senantiasa berada dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Lalu ibadah apa yang disyariatkan di dalam bulan Syawal?

Ibadah tersebut adalah puasa 6 (enam) hari di bulan Syawal. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian diikuti oleh puasa 6 (enam) hari Syawal, maka seakan-akan ia seperti berpuasa setahun penuh”

Baca Juga:
Puasa Syawal - Khutbah Jumat (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Bagaimana tata cara berpuasa Syawal?

Pada hadits di atas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan tentang keutamaan puasa enam hari Syawal secara mutlak. Beliau tidak menyebutkan tata caranya apakah terus menerus atau diselang-seling. Maka dari itu boleh bagi kita berpuasa secara langsung selama enam hari, dan boleh juga bagi kita berpuasa selang-seling.

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.