Telegram Rodja Official

Al-Ghaayah wa At-Taqriib - Matan Abu Syuja

Bab Pengalihan Hutang – Kitab Matan Abu Syuja’ (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  | 

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau biasa disebut Matan Abu Syuja’, kajian ini mengambil pembahasan khusus yaitu yang berkaitan dengan fiqih mu’amalat. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Syafi’i, karya Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Jumat pagi, 22 Syawal 1436 / 7 Agustus 2015. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Erwandi telah menyampaikan tentang “Bab Perdamaian (Bagian ke-2)“, dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitabul Buyu’ yaitu tentang “Bab Pengalihan Hutang“.

Ringkasan Kajian Kitab Matan Abu Syuja’

Kitabul Buyu’ (كتاب البيوع) Bab Pengalihan Hutang

Pada kajian kali ini akan dibahas mengenai permasalah “Pengalihan Hutang“. Penulis kitab ini, yaitu Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:

وشرائط الحَوَالَة أربعة أشياء: رِضَا المُحِيل، وقَبُول المُحتَال، وكَوْنُ الحقِّ مُستَقِرا في الذِّمَّة، واتفاق ُما في ذمة المُحِيل والمُحَالِ عليه في الجِنس والنوع والحُلول والتأجيل، وتَبْرَأ بها ذمة المُحِيل

Baca Juga:
Syarat Sah Jual Beli, Barang Bisa untuk Diserahkan - Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

“Syarat-syarat pengalihan hutang ada empat perkara: yaitu keridhaan dari orang yang dipindahkan hutangnya, dan yang berhutang menerimanya, dan haknya tetap di dalam dirinya. Dan kesepakatan antara yang dialihkan hutangnya dengan yang memiliki hutang dalam jenis dan macamnya, tunai dan tidak tunai. Dan terbebaskan tanggungan yang berhutang terhadap yang menghutangi.”

Simak selengkapnya pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan pengalihan hutang ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ (Kitabul Buyu’) – Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi: Bab Pengalihan Hutang

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.