Telegram Rodja Official

Hukum-Hukum Pakaian dan Hijab Wanita – Bagian ke-1 – Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 10:45 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 09 Shafar 1440 / 18 Oktober 2018 pukul 10:29 am

Tautan: http://rodja.id/17f

Kajian Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini adalah rekaman kajian dan ceramah agama yang disiaran live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu pagi, 29 Rajab 1438 / 26 April 2017. Kajian ini membahas Kitab “تنبيهات على أحكام تختص بالمؤمناتTanbiihaat ‘alaa Ahkaamin Takhtashshu bil Mu’minaat atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan “Tuntunan Praktis Fiqih Wanita” yang merupakan karya Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafidzahullah.

Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan pembahasan mengenai “Hukum-Hukum Pakaian dan Hijab Wanita (Bagian ke-1)“. Kajian ini lebih membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan fiqih wanita.

Download kajian sebelumnya: Hukum-Hukum yang Berkaitan dengan Haid, Istihadhah, dan Nifas (Bagian ke-5)

Baca Juga:  Dalil-Dalil Yang Menjelaskan Ketinggian Allah diatas Seluruh MakhlukNya - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Ringkasan Kajian Kitab Tuntunan Praktis Fiqih Wanita: Hukum-Hukum Pakaian dan Hijab Wanita (Bagian ke-1)

Di dalam Islam, wanita sangat dijaga kesucian dan kemuliaannya. Salah satu bentuk penjagaan dari hal tersebut adalah dengan adanya syariat hijab untuk wanita. Hal ini salah satu bentuk perlindungan juga dari perbuatan zina yang dilarang oleh Allah Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman:

وَلاَ تَقْرَبُواْ الزِّنَى إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاء سَبِيلاً

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS Al-Isra [17]: 32)

Di dalam ayat tersebut Allah Ta’ala mengharamkan zina untuk didekati. Hal ini lebih dalam maknanya, karena mendekati saja tidak diperbolehkan apalagi melakukannya.

Baca Juga:  Sikap Al-Wala’ Wal Bara’ Ka'ab Bin Malik - Kitab Ahsanul Bayan (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Dan salah satu pintu yang bisa membuka perbuatan zina adalah penampilan wanita yang tidak menutup aurat. Maka dari itu di dalam Islam wanita sangat dijaga kehormatan dan kesuciannya. Di dalam Islam wanita disyariatkan untuk menutup auratnya dari pandangan-pandangan laki-kali yang bukan mahramnya.

Simak penjelasan Ustadz Ahmad Zainudin selengkapnya tentang hal tersebut di dalam rekaman kajian berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Tuntunan Praktis Fiqih Wanita: Hukum-Hukum Pakaian dan Hijab Wanita (Bagian ke-1)


Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahufiikum

Telegram Rodja Official

2 Comments

  1. Risma ayu asfaraini

    Jumat, 21 Dzulqa'dah 1439 / 03 Agustus 2018 at 05:51

    Maa syaa Allah Syukron ilmunya ?

  2. risma

    Rabu, 29 Rajab 1438 / 26 April 2017 at 17:19

    subhanallah, syukron atas ilmunya akhi, semoga bisa menjadi amal jariyah.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.