Telegram Rodja Official

Al-Ishbah

Ahlussunnah wal Jamaah Mengingatkan Agar Tidak Menjadikan Agama Sebagai Wasilah Menggapai Dunia Bagian 2 – Al-Ishbah (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

By  | 

Ahlussunnah wal Jamaah Mengingatkan Agar Tidak Menjadikan Agama Sebagai Wasilah Menggapai Dunia Bagian 2 – Al-Ishbah adalah Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. Kajian ini merupakan bagian dari kajian kitab “الإصباح في بيان منهج السلف في التربية والإصلاح” atau biasa disebut dengan “Al-Ishbah fi Bayani Manhajis Salaf fi Tarbiyah wal Ishlah” karya Syaikh Abdullah bin Shalih Al-‘Ubailan hafidzahullah.

Download juga kajian sebelumnya: Ahlussunnah wal Jamaah Mengingatkan Agar Tidak Menjadikan Agama Sebagai Wasilah Menggapai Dunia – Al-Ishbah

Ringkasan Kajian Ahlussunnah wal Jamaah Mengingatkan Agar Tidak Menjadikan Agama Sebagai Wasilah Menggapai Dunia Bagian 2

Dalam kesempatan ini, dibahas dua ayat dari surat Al-A’raf ayat yang ke 175 – 178. Sebagaimana yang disebutkan oleh Syaikh Abdullah bin Shalih Al-‘Ubailan hafidzahullah. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ الَّذِي آتَيْنَاهُ آيَاتِنَا فَانسَلَخَ مِنْهَا فَأَتْبَعَهُ الشَّيْطَانُ فَكَانَ مِنَ الْغَاوِينَ ﴿١٧٥﴾

Dan bacakanlah kepada mereka berita orang yang telah Kami berikan kepadanya ayat-ayat Kami (pengetahuan tentang isi Al Kitab), kemudian dia melepaskan diri dari pada ayat-ayat itu, lalu dia diikuti oleh syaitan (sampai dia tergoda), maka jadilah dia termasuk orang-orang yang sesat.” (QS. Al-A’raf [7]: 175)

Baca Juga:
Ahlussunnah Mendakwahkan Islam dengan Akhlaqul Karimah

وَلَوْ شِئْنَا لَرَفَعْنَاهُ بِهَا وَلَـٰكِنَّهُ أَخْلَدَ إِلَى الْأَرْضِ وَاتَّبَعَ هَوَاهُ ۚ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ الْكَلْبِ إِن تَحْمِلْ عَلَيْهِ يَلْهَثْ أَوْ تَتْرُكْهُ يَلْهَث ۚ ذَّٰلِكَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا ۚ فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ ﴿١٧٦﴾

Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir.” (QS. Al-A’raf [7]: 176)

Ayat di atas adalah celaan kepada orang yang telah Allah berikan anugerah berupa ilmu, tetapi orang tersebut meninggalkan ilmu tersebut dan condong kepada dunia. Allah hinakan, Allah rendahkan serendah-rendahnya. Ada beberapa sisi dari apa yang Allah sebutkan tentang celaan Allah dari orang yang semacam ini.

  1. Orang tersebut tersesat setelah ilmu dan dia lebih memilih kekafiran dari pada keimanan atas dasar kesengajaan.
  2. Orang tersebut meninggalkan keimanan untuk tidak kembali lagi kepada keimanan. Dia melepaskan dirinya dari semua ayat-ayat Allah sebagaimana ular melepaskan dirinya dari kulitnya.
  3. Syaitan menyusul dan menguasai orang tersebut.
  4. Orang yang Allah sebutkan termasuk orang yang menyimpang, sesat, mempunyai maksud yang buruk, tidak ada niatan baik kemudian amalnya menyimpang.
  5. Allah subhanahu wa ta’ala tidak menginginkan untuk mengangkatnya dengan ilmu. Inilah sebab dari kebinasaannya. Maka ilmunya menjadi bumerang untuk dirinya. Maka seandainya dia bukan orang yang berilmu, itu lebih baik untuknya dan lebih ringan untuk adzabnya.
  6. Allah mengabarkan tentang rendahnya dari cita-cita yang ada pada dirinya. Dimana dia memilih sesuatu yang hina dan rendah dari pada sesuatu yang mulia dan tinggi.
  7. Pilihan orang tersebut terhadap sesuatu yang rendah tidak didasari oleh fikiran yang terbesit semata, akan tetapi pilihan tersebut berdasarkan kecondongan kepada dunia.
  8. Dia membenci petunjukNya dan justru dia mengikuti hawa nafsu.
Baca Juga:
Khutbah Idul Adha Singkat Padat: Memperbanyak Takbir di Hari-Hari Terbaik

 

Download Kajian Ahlussunnah wal Jamaah Mengingatkan Agar Tidak Menjadikan Agama Sebagai Wasilah Menggapai Dunia Bagian 2


Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.