Telegram Rodja Official

Al-Ishbah

Ahlussunnah wal Jamaah Meyakini Wajibnya Berpegang Teguh Kepada Manhaj Nabi Dalam Berdakwah Bagian 2 – Al-Ishbah (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

By  | 

Ahlussunnah wal Jamaah Meyakini Wajibnya Berpegang Teguh Kepada Manhaj Nabi Dalam Berdakwah Bagian 2 Al-Ishbah adalah Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. Kajian ini merupakan bagian dari kajian kitab “الإصباح في بيان منهج السلف في التربية والإصلاح” atau biasa disebut dengan “Al-Ishbah fi Bayani Manhajis Salaf fi Tarbiyah wal Ishlah” karya Syaikh Abdullah bin Shalih Al-‘Ubailan hafidzahullah.

Download juga kajian sebelumnya: Ahlussunnah wal Jamaah Meyakini Wajibnya Berpegang Teguh Kepada Manhaj Nabi Dalam Berdakwah

Ringkasan Kajian Ahlussunnah wal Jamaah Meyakini Wajibnya Berpegang Teguh Kepada Manhaj Nabi Dalam Berdakwah Bagian 2

Pada pertemuan yang lalu, telah dibahas sebuah pertanyaan yang ditujukan kepada Syaikhul Islam rahimahullahu ta’ala tentang seorang Syaikh yang ma’ruf dengan sunnah. Tetapi Syaikh tersebut sedang berusaha dalam mendakwahi sekelompok manusia yang mana manusia tersebut melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak baik. Mereka berkumpul dalam rangka ingin mengadakan perbuatan maksiat seperti membunuh, merampok, minum-minuman keras, mencuri dan lain sebagainya. Syaikh tersebut menggunakan cara tertentu yang belum dikenal. Yakni dengan cara mendendangkan syair-syair zuhud dengan disertai dengan gendang tanpa lonceng. Dibacakan kepada mereka dan ternyata banyak dari kelompok yang melakukan maksiat tersebut yang bertaubat. Kemudian yang tadinya tidak shalat menjadi shalat serta menunaikan beberapa kewajiban yang Allah wajibkan kepada mereka.

Baca Juga:
Berbagi Kemanfaatan Harta

Apakah hal tersebut dibolehkan?

Syaikhul Islam menjawab dengan beberapa poin, yakni:

  • Bahwa Allah subhanahu wa ta’ala telah mengutus Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan membawa ilmu dan agama yang haq agar Allah menangkan.
  • Allah telah mengabarkan bahwa akan diberikan kepada orang yang mentaatiNya kemudian akan memberikan celaka bagi orang yang memaksiati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  • Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan kepada makhlukNya untuk mengembalikan apa yang mereka perselisihkan dari agama mereka kepada Allah dan RasulNya.
  • Allah mengabarkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam itu menyeru dan mengajak manusia berdakwah kepada Allah dan kepada jalanNya yang lurus.
  • Allah mengabarkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan perintah untuk berbuat baik dan melarang kemungkaran, menghalalkan segala yang baik dan mengharamkan yang buruk.
  • Allah memerintahkan seluruh kebaikan dan melarang seluruh kemungkaran kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dari sini kita dapat mengambil pelajaran bahwa semua telah dijelaskan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Download Kajian Ahlussunnah wal Jamaah Meyakini Wajibnya Berpegang Teguh Kepada Manhaj Nabi Dalam Berdakwah Bagian 2


Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:
Seluruh Amal Manusia Akan Dihisab di Hari Kiamat - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.