Telegram Rodja Official

Al-Ibaanatu Ash-Shughraa (Al-Ibanah Ash-Shughra)

Laknat bagi Orang yang Berbuat Kejahatan dan Melindungi Kejahatan – Poin 29 – Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Kajian kitab Al-Ibanah Ash-Shughra bersama Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary yang live pada Selasa pagi, 22 Muharram 1435 / 26 November 2013, pukul 08:00-09:00 WIB, alhamdulillah sekarang bisa kita download rekaman kajiannya. Melanjutkan pertemuan yang sebelumnya, maka kini telah sampai pada poin ke-29 dalam kitab tersebut, tentang “Laknat bagi Orang yang Berbuat Kejahatan dan Melindungi Kejahatan“.

[sc:status-al-ibanah-ash-shughra-ustadz-abu-ihsan-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra

Poin 29: Laknat bagi Orang yang Berbuat Kejahatan dan Melindungi Kejahatan (حديث من أحدث حدثا أو آوى محدثا)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

من أحدث حدثا، أو آوى محدثا، فعليه لعنة الله ولعنة اللاعنين والملائكة والناس أجمعين، لا يقبل الله منه صرفا ولا عدلا

“Barangsiapa yang membuat / melakukan suatu kejahatan dan melindungi orang yang berbuat jahat maka dia mendapatkan laknat Allah, laknat orang-orang yang melaknat, laknat malaikat, dan laknat manusia seluruhnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan menerima darinya ganti dan tebusan apa pun.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

فقالوا: للحسن ما الحدث؟ فقال: أصحاب الفتن كلهم محدِثون، وأهل الأهواء كلهم محدثون

Baca Juga:
Keutamaan Kalimat Hauqalah - Bagian ke-2 - Kajian Aqidah (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

Al-Hasan Al-Bashri ditanya tentang apa itu kejahatan (الحدث), maka beliau rahimahullah menjelaskan, “para pembuat fitnah, mereka semua adalah penjahat (pelaku kejahatan) dan para pengikut hawa nafsu (ahlul bida’), mereka semua adalah pelaku kejahatan.”

Jadi, kejahatan di sini, maknanya berlaku secara umum, baik itu pelaku kejahatan dalam bentuk perbuatan-perbuatan dosa besar (misalnya: pembunuh, pezina, perampok, dan sejenisnya) ataupun kejahatan terhadap agama (misalnya: perbuatan syirik, bid’ah, dan sejenisnya).

Simak penjelasan yang sangat menarik ini dari pembahasan nuansa aqidah, kitab Al-Ibanah Ash-Shughra, bersama Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, silakan download MP3 kajiannya atau dengarkan langsung.

Download Ceramah Agama islam: Kajian Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra: Poin 29

Silakan unduh dan berbagi file MP3 kajian ini. Jazakumullahu khoiron.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.