Telegram Rodja Official

Al-Ibaanatu Ash-Shughraa (Al-Ibanah Ash-Shughra)

Sikap Seorang Muslim terhadap Para Sahabat Nabi, dst – Poin 39-41 – Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Kajian kitab Al-Ibanah Ash-Shughra bersama Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary yang live pada Selasa pagi, 30 Jumadal Akhir 1435 / 1 April 2014, pukul 08:00-09:00 WIB, Alhamdulillah sekarang bisa kita download rekaman kajiannya. Melanjutkan pertemuan yang sebelumnya, maka kini pemateri akan menjelaskan poin ke-39 hingga ke-41 dalam kitab tersebut, tentang “Sikap Seorang Muslim terhadap Para Sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dst“.

[sc:status-al-ibanah-ash-shughra-ustadz-abu-ihsan-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra

Poin 39: Sikap Seorang Muslim terhadap Para Sahabat Nabi (حديث الله الله في أصحابي لا تتخذوهم غرضا بعدي)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الله الله في أصحابي، لا تتخذوهم غرضا بعدي، فمن أحبهم فبحبي أحبهم، ومن أبغضهم فببغضي أبغضهم، ومن آذاهم فقد آذاني، ومن أذاني فقد آذى الله، ومن آذى الله فيوشك الله أن يأخذه. رواه الترمذي وقال: حسن غريب

“Bertakwalah kalian kepada Allah terhadap para sahabatku, jangan kamun jadikan mereka sebagai sasaran untuk dilecehkan setelah aku meninggal. Barangsiapa mencintai mereka, maka dengan kecintaanku aku mencintai mereka. Dan barangsiapa yang membenci mereka, maka dengan kebencianku aku membenci mereka. Barangsiapa yang menyakiti mereka maka sungguh mereka telah menyakitiku. Dan barangsiapa menyakitiku maka dia telah menyakiti Allah. Dan barangsiapa yang menyakiti Allah maka dengan segera Allah akan menurunkan adzab kepadanya.” (HR At-Tirmidzi, dan beliau berkata bahwa hadits ini hasan gharib)

Poin 40: Larangan Mencela Para Sahabat Nabi (حديث لا تسبوا أصحابي)

[16:50]

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga:
Dosa Besar Kelima Puluh Tujuh dan Kelima Puluh Delapan: Mencela Para Sahabat Nabi dan Mencela Orang-Orang Anshar - Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

لا تسبوا أصحابي، فوالذي نفسي بيده لو أنفق أحدكم مثل أحد ذهبا ما بلغ مُد أحدهم ولا نصيفه

“Janganlah sekali-kali kalian mencela para sahabatku, demi Allah yang jiwa ini ditangannya, seandainya salah seorang di antara kalian menginfakkan emas sebesar gunung uhud, niscaya tidak akan bisa menyamai satu mud dari apa yang mereka infakan ataupun setengahnya.” (HR Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Hibban dan Abu Dawud)

Dst.

Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan kitab Al-Ibanah Ash-Shughra, bersama Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, dengan mendownload MP3 kajiannya atau mendengarkan langsung dari link ini.

Download Ceramah Agama islam: Kajian Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra: Poin 39-41

Silakan unduh dan berbagi file MP3 kajian ini. Jazakumullahu khoiron.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.